Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ide Bisnis Simpel Berdasarkan Hobi di Masa Pandemi

Ide bisnis berdasarkan hobi di masa pandemi

Purwakarta Online - Kondisi pandemi covid-19 menjadi pukulan bagi banyak penduduk bumi. Banyak perusahaan gulung tikar, PHK pun menjadi imbas yang tidak terelakkan.

Dalam situasi kalut, banyak yang mulai melirik sektor wirausaha untuk mensiasati kondisi ini. Adapun memilih jenis usaha bukanlah hal yang mudah, perlu pertimbangan yang matang.

Seorang CEO Shutterstock, David Young mengatakan pentingnya memberikan perhatian terhadap hobi. Karena hal ini bisa jadi merupakan potensi bisnis seseorang.

“Jangan takut untuk mengeksplorasi akar pemicu kenikmatan. Sangat penting untuk mengubah hobi menjadi bisnis yang sukses,” ujarnya.

Ia menyarankan, jika seorang musisi Anda dapat memulai bisnis mengajar di lingkungan anak-anak bermain gitar atau piano, atau meluncurkan program afterschool yang mengajarkan musik kepada anak-anak kurang mampu.

 Baca juga: Daftar perusahaan di Kabupaten Purwakarta

Mulai dari langkah kecil


Sangat bagus untuk bermimpi besar dan memiliki tujuan yang tinggi. Tetapi idealisme juga harus dibuat secara realistis.

Apple memulai bisnisnya dari garasi. Artinya, jangan berpikir Anda harus membutuhkan tempat yang mewah agar bisa menguntungkan.

Selain itu, perlu diingat jika ini adalah hobi, Anda tidak harus segera mengubahnya menjadi pekerjaan penuh waktu. Bermimpilah yang besar, tetapi mulailah dari yang kecil.

Berikut ini adalah 5 bisnis berdasarkan hobi yang patut dijajaki.


1. Bertani


Zaenx, tokoh petani asal Kiarapedes Purwakarta mengatakan, pandemi covid-19 tidak akan menyurutkan petani untuk melanjutkan usahanya. Diungkapkan dalam sebuah wawancara di Barmoel TV.

"Jika ada lahan satu patok saja (400 m²), petani bisa tanam sayuran yang dijual setiap hari. Sebagian hasil dijual untuk beli beras, sebagian jadi lauknya," kata Zaenx.


Masih menurut Zaenx, memang ada hantaman dahsyat bagi komoditas pertanian, saat PSBB diterapkan penjualan tersendat karena transportasi sangat dibatasi.

"Saat PSBB kita tidak bisa jual, pembeli juga tidak bisa mengambil kesini. Jalanan ditutup, harga otomatis turun karena stok melimpah tidak terjual," Zaenx menerangkan.

Namun Zaenx juga mengingatkan, banyak pegawai yang setelah pensiun memilih bertani. Hal ini bukan tanpa sebab, diantaranya bertani adalah urusan perut, pandemi atau kendala apapun tidak akan mematikan usaha pertanian.

2. Jasa Editing Foto dan Video


Bagi yang fotografi usaha ini adalah usaha yang paling cocok. Dengan membuka usaha ini, kamu tidak hanya mendapatkan pemasukan, tetapi kamu juga bisa meningkatkan skill fotografi.

Memulai usaha ini, bisa mulai dengan membuat portofolio hasil fotografimu di media sosial yang khusus menjadi galeri hasil karyamu. Media sosial tersebut akan menjadi etalase utamamu untuk menggaet para customer yang tertarik dengan karya-karyamu.

3. Reseller Fashion


Bagi orang yang tidak mau ribet dan ingin membuka usaha simpel tanpa memerlukan modal usaha yang banyak, usaha reseller pakaian ini tentu menjadi pilihan yang sangat tepat.

Usaha ini sangat mudah untuk dijalankan. Kita hanya perlu mengunggah foto-foto pakaian tersebut ke feeds Instagram atau media sosial yang menjadi etalase produk.

Tentunya hal ini harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang kamu targetkan. Untuk kamu yang hobi mix and match pakaian, usaha ini juga bisa menyalurkan hobimu dengan melakukan photoshoot mix and match produk jualanmu pada diri sendiri dengan kreatif, untuk menarik para calon customer.

4. Bisnis Kuliner Online


Di masa pandemi seperti ini, mengharuskan masyarakat untuk berdiam diri dirumah, membatasi aktivitas di luar, dan bahkan membuat beberapa usaha atau toko harus ditutup.

Ketika hal-hal tersebut terjadi, tentunya membuat masyarakat kebingungan untuk memenuhi kebutuhan mereka, seperti salah satunya yaitu pada makanan.

Makanan adalah kebutuhan pokok yang pastinya dicari oleh semua orang, di sinilah bisnis kuliner online bisa menjadi peluang besar untuk ide usaha kamu.

Kamu bisa menjual makanan home made alias makanan yang kamu buat sendiri di rumah, baik dalam bentuk frozen food ataupun makanan siap saji.

Membuka usaha ini tidak hanya menguntungkan atau memberikan pemasukan sehari-hari, tetapi untuk kamu yang hobi memasak, usaha ini bisa menjadi sarana yang tepat untuk kamu mengembangkan skill masakmu dengan review-review yang kamu dapatkan pada customer. dan tentunya usaha ini juga membantu orang-orang di sekitar memenuhi kebutuhan pokok mereka.

5. Youtuber ataupun Influencer


Dari pada kamu bosan di rumah dan merasa tidak produktif, kamu juga bisa mengalihkan waktu luangmu dengan mulai aktif di sosial media, dengan membagikan konten-konten yang bisa menghibur para follower media sosialmu.

Dengan begitu, kamu dapat menggaet banyak followers dan akhirnya bisa menjadi seorang influencer ataupun Youtuber yang mendapat bayaran dari hasil konten-konten yang kamu bagikan.

Kamu bisa membagikan rutinitasmu dengan memberikan sentuhan kreasi editing yang membuat orang-orang kagum ataupun memberikan tips and trick yang bisa membantu para follower ataupun subscriber-mu.

Tantangan terbesar menjadi seorang influencer ataupun Youtuber ini adalah konsistensi dalam membagikan konten. Pastikan kamu bisa melakukannya dengan konsisten, ya.

Itulah 5 contoh ide bisnis rumahan simpel berdasarkan hobi. Kamu juga bisa mengajak teman atau partnermu untuk berkolaborasi dalam menjalankan salah satu ide bisnis ini.

Dengan mengajak teman atau partner, tidak hanya memudahkan kamu, tetapi kamu juga bisa saling bertukar pikiran dengan partner-mu dan mendapatkan hasil yang maksimal. (*)

Sumber: Tempo/Herworld



Posting Komentar untuk "5 Ide Bisnis Simpel Berdasarkan Hobi di Masa Pandemi"