Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau kaya sekaligus bahagia? Maka zakatlah

zakat-jaya-kaya-bahagia

Purwakarta Online - Bagi umat Islam zakat adalah kewajiban yang harus ditunaikan jika sudah memenuhi syarat (nisab). Terlepas dari kewajiban tersebut, mengeluarkan zakat ternyata mampu membuat orang bisa menjadi lebih kaya.

Perencana Keuangan dari Safir Senduk dan Rekan, Ahmad Gozali, mengatakan, mengeluarkan zakat sama halnya dengan melatih pikiran sebagai orang kaya.

Orang yang kaya adalah orang yang mampu membagi rezekinya kepada orang lain. Pikiran seperti itu, jelasnya, akan menstimulus pikiran seseorang untuk hidup bahagia karena bisa berbagi kepada orang lain.

''Apalagi kalau kita memberinya ikhlas, pasti akan merasa senang,'' ujar Gozali dalam gathering komunitas Gajimu di Jakarta.

Dia melanjutkan, keadaan senang atau bahagia ternyata berbanding lurus dengan potensi mampu atau tidaknya seseorang menjadi orang kaya.

Dalam sebuah survei terhadap 1.200 mahasiswa baru tentang kausalitas keadaan senang atau bahagia dengan kekayaan seseorang, Gozali menuturkan, diperoleh kesimpulan, semakin bahagia seseorang maka semakin baik tingkat kekayaannya.

''Kaya belum tentu bahagia, tapi kalau bahagia akan membuat orang bisa kaya,'' katanya.

Gozali menerangkan, dari 1.200 mahasiswa baru yang menjawab senang saat menjalani kuliah, 31 persen di antaranya terbukti memiliki gaji lebih tinggi setelah 15 tahun sampai 18 tahun kemudian.

Survei serupa pernah dilakukan terhadap karyawan di 300 perusahaan berbeda di Amerika Serikat.

Hasilnya, dalam 18 bulan kemudian, 30 persen dari karyawan yang menjawab bahagia saat bekerja, terbukti mempunyai gaji dan promosi lebih bagus dibandingkan mereka yang menjawab tidak bahagia.

Atas dasar survei tersebut, Gozali menyimpulkan, mengeluarkan zakat pasti akan membuat seseorang merasa senang karena sudah berhasil berbagi.

''Rasa senang inilah yang akan meningkatkan kinerja dan etos kerja, sehingga kita bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Sudah banyak orang yang merasakan manfaat dari/the power of giving dari zakat ini,'' jelasnya. (*)

Sumber: https://m.republika.co.id/amp/108931

Posting Komentar untuk "Mau kaya sekaligus bahagia? Maka zakatlah"