Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BPP Wanayasa distribusikan 1.198 Kartu Tani. Kartu multi manfaat, dari subsidi pupuk hingga akses modal

kartu-tani-wanayasa-purwakarta-bpp-cara-dapat-bantuan-petani-kelompok-pinjaman-daftar
BPP Wanayasa distribusikan 1.198 Kartu Tani

Purwakarta Online - Ribuan Kartu Tani didistribusikan kepada petani di Kecamatan Wanayasa. Pendistribusian dilakukan di Kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Wanayasa.

Nana Sumarna, SP., Koordinator Penyuluh di BPP Kecamatan Wanayasa menyebut sejumlah 1.198 kartu tani yang disalurkan tahun 2021 ini, untuk petani di Kecamatan Wanayasa.

"Sebanyak 1.198 penerima, petani yang berhak atas subsidi pemerintah," kata Nana kantor BPP Wanayasa (25/5).

Untuk mendapatkan kartu tani, petani harus terlebih dahulu mendaftarkan diri ke kelompok setempat.

"Keanggotaan kelompok (tani) kan berdasarkan domisili lahan, bukan berdasarkan domisili petaninya. Itu daftar ke kelompok setempat. Nanti diinput petugas di sini (Kantor BPP)," ujar Nana.

Manfaat Kartu Tani


Nana Sumarna mengatakan Kartu Tani sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya petani. Terutama menyangkut penguatan ekonomi yang 'terkandung' dalam kartu tani tersebut.

Manfaat utama kata Nana, adalah petani mendapatkan subsidi pembelian pupuk. Sehingga petani bisa menghemat lebih dari 70% anggaran untuk membeli pupuk.

"Dengan kartu tani ini ya, petani lebih hemat 70% lebih. Luar biasa kan? Tentu ini mendorong ekonomi masyarakat tani kita," terang Nana.

Sebaliknya, menurut Nana, pemerintah juga akan lebih tepat sasaran dalam memberikan subsidi pupuk kepada petani di Indonesia.

"Ya ini kan (program skala) nasional. Dengan kartu tani, subsidi tentu jadi sangat tepat sasaran. Siapa petaninya, berapa luas lahannya, hingga komoditi apa yang ditanam di tahun berjalan," papar Nana panjang lebar.

Manfaat lainnya dari kartu tani adalah adanya akses bagi petani untuk mendapatkan modal usaha tani. Yang didistribusikan di Wanayasa, kata Nana, kartu tani dicetak oleh Bang Mandiri, dimana Bank milik pemerintah ini juga menyalurkan kredit ringan bagi petani berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Selain subsidi (pupuk), dengan kartu tani ini akan terbuka akses petani terhadap KUR, yang mana kita tahu, bunganya disubsidi juga oleh Pemerintah," kata Nana.

"Jika mau nabung juga bagus loh. Kartu tani ini berfungsi juga sebagai 'buku tabungan' dan ATM. Kelebihannya, petani (pemegang kartu tani) tidak dikenai biaya ATM bulanan," lanjut Nana.

Wanayasa, 15 Gapoktan dan 96 Kelompok Tani


H. Mahmud Tohir, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Wanayasa mengatakan ada 96 lembaga Kelompok Tani di Kecamatan Wanayasa. Dibawahi oleh 15 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

"Ada 15 desa, artinya ada 15 Gapoktan di sini (Kacamatan Wanayasa). Dibawahnya ada 96 Poktan (Kelompok Tani)," kata Mahmud.

Mahmud berterima kasih kepada Koordinator Penyuluh beserta tim di BPP Kecamatan Wanayasa atas fasilitasi yang dilakukan, sehingga masyarakat petani di kecamatan Wanayasa bisa mendapatkan Kartu Tani.

"Saya sebagai ketua KTNA (Kecamatan) Wanayasa, atas nama masyarakat petani berterima kasih sebesar-besarnya kepada Pak Korluh (Koordinator Penyuluh) beserta timnya," kata Mahmud.

"Kami bisa punya kartu tani, yang manfaatnya luar biasa bagi kami, para petani," lanjut Mahmud.


Masih dibuka pendaftaran kartu tani


Tim penyuluh Wanayasa mengatakan, pendaftaran Kartu tani masih dibuka. Petani bisa menemui pengurus kelompok tani setempat atau datang ke BPP Wanayasa.

Pendaftaran tahun ini adalah untuk anggaran subsidi di tahun berikutnya, yakni tahun 2022. Artinya petani yang baru daftar kartu tani tahun 2021 ini akan mulai mendapatkan manfaat di tahun 2022.

Selain pendaftaran, BPP juga melayani perubahan data kartu tani. Seperti adanya petani yang meninggal dunia dan lahan pertanian beralih kepemilikan.

Atau jika ada perubahan luasan dan komoditas yang ditanam oleh petani pemegang kartu tani tersebut. (enjs)

Search Keywords : Kartu Tani,Kartu Tani bantuan,kartu tani Purwakarta,kartu tani BRI,kartu tani mandiri,kartu tani adalah,kartu tani Jawa barat,kartu tani 2021,kartu tani BNI,kartu tani KUR,kartu tani mandiri,kartu tani dapat bantuan,kartu tani indonesia,program kartu tani,manfaat kartu tani,fungsi kartu tani,cara dapat kartu tani,cara mendapat kartu tani,cara daftar kartu tani,kartu tani Wanayasa,tujuan kartu tani,subsidi kartu tani,subsidi pupuk,bantuan petani,kredit petani,kredit pertanian,bantuan pemerintah,bantuan kelompok tani,pinjaman petani,BNI kartu tani,BNI tani,kartu petani,cara dapat bantuan petani

Posting Komentar untuk "BPP Wanayasa distribusikan 1.198 Kartu Tani. Kartu multi manfaat, dari subsidi pupuk hingga akses modal"