Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

14 Bisnis Digital paling jitu di masa pandemi. Di rumah aja dan tetap hasilkan uang

bisnis-digital-adalah
Bisnis Digital

Bisnis digital adalah

Suatu jenis bisnis jasa yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ketika menciptakan sebuah produk ataupun memasarkannya.

Berbeda dengan yang kita pahami sebelumnya, bisnis digital tidak semata terkait dengan penjualan produk tanpa wujud saja, seperti perangkat lunak komputer (software).

Bisnis digital juga tidak hanya tentang produk fisik yang dikemas dalam bentuk digital seperti e-book (buku elektronik).

Lebih dari itu, semua jenis usaha yang menjual produknya secara online, baik menggunakan website atau aplikasi termasuk dalam ranah bisnis digital. E-commerce adalah salah satu contohnya.

Produk bisnis digital bisa berupa barang ataupun jasa. Sebagai contoh, jika Anda memiliki kemampuan dalam memberikan motivasi pengembangan diri, Anda bisa menjadi seorang motivator online yang sukses. Keahlian ini bisa menjadi inti bisnis digital yang Anda tekuni.

Bagaimana pun Pandemi Covid-19 telah mendorong dilakukannya transformasi ekonomi, di mana peran teknologi digital menjadi sangat penting di samping upaya percepatan perizinan, penyederhanaan birokrasi serta reformasi regulasi.

"Masa pandemi menjadi titik balik bagi sektor industri untuk mengambil langkah berani dalam pengadopsian teknologi digital untuk memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan operasional menghadapi berbagai kondisi," ujar Bambang Riznanto dari Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kementerian Perindustrian dalam acara Schneider yang bertajuk Optimalisasi Asset Digital untuk Percepatan Pemulihan Bisnis Pasca Pandemi.

"Hal yang harus diingat pelaku industri adalah teknologi yang telah diimplementasikan ini harus dikelola dan dirawat dengan baik agar biaya investasi yang telah dikeluarkan menghasilkan Return of Investment yang maksimal untuk produktivitas dan profitabilitas perusahaan."

14 Bisnis Digital yang menguntungkan  


Berikut ini adalah 14 Bisnis Digital paling jitu di masa Pandemi, agar anda bisa tetap menghasilkan meskipun harus di rumah aja:

1. Membangun Toko Online


Anda tidak mungkin membuat toko online tanpa produk. Itu namanya mustahil. Sebenarnya, cara untuk mengetahui tipe produk yang akan dijual sangatlah mudah.

Mulailah ajukan pertanyaan sederhana ini pada diri Anda: produk seperti apa yang orang-orang butuhkan sehingga mereka rela mengeluarkan uang?

Pertama-tama, cari tahu kebutuhan pasar. Setelah itu, temukan produk yang berperan sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dari sinilah Anda akan mendapatkan keuntungan.

Video:


2. Menekuni Bisnis Afiliasi


Affiliate marketing adalah jenis pemasaran di mana komisi bisnis affiliasi didapatkan jika terdapat pengunjung atau customer melakukan konversi melalui upaya pemasaran affiliate.

Dengan demikian, affiliate sendiri diartikan sebagai cara perusahaan (advertiser) untuk menjual produknya dengan mendaftarkan individu atau perusahaan affiliasinnya dan selanjutnya (affiliate) memasarkan produk-produk tersebut untuk mendapatkan sebuah komisi.

Video:


3. Menjadi Youtuber


Setidaknya berikut adalah beberapa langkah untuk menjadi Youtuber:
  • Buat Channel YouTube
  • Buat Konsep dan Ide
  • Pilih dan beli Kebutuhan Videografi
  • Membuat Konten yang Menarik
  • Tingkatkan kemampuan Edit Video
  • Promosi konten

Video:


4. Bisnis Dropship


Dropshipper adalah sebutan untuk para pemain dropship, dropship sendiri merupakan salah satu metode pemasaran yang kerap dipakai oleh pebisnis tanpa perlu membuat produk maupun menanamkan modal untuk membeli barang.

Secara teknis, cara bisnis dropship hampir sama seperti reseller, begitu pula dengan cara jadi dropship di tokopedia, hanya saja Anda tidak perlu nyetok produk untuk bisa berjualan.

Salah satu keuntungan paling mencolok dari seorang dropshipper adalah terkait fleksibilitas pengelolaan, karena tidak harus berpatokan pada jam kerja kantor dan bisa dikelola dari rumah hanya dengan bermodalkan smartphone.

Dengan menempuh metode dropship Anda juga terbebas dari biaya sewa toko, modal awal untuk membayar stock barang, serta resiko kerusakan akibat penyimpanan produk yang tidak laku dipasaran.

Bahkan, Anda bisa menawarkan produk kepada calon pelanggan meskipun produknya belum ada di tangan. Kemudian setelah deal dan pembeli melakukan konfirmasi pembayaran baru Anda teruskan order tersebut kepada suplayer.

Video:


5. Menjadi Blogger


Sebuah blog kini bisa menjadi sumber penghasilan bagi para pemiliknya. Penghasilan itu diperoleh dari iklan yang ditayangkan didalam blog maupun sosial media yang berkaitan dengan blog tersebut.

Agar iklan itu efektif, sebuah blog harus memiliki banyak viewers, untuk itu dibutuhkan kekuatan konten, desain, dan manajemen blog yang bagus.

Video:


6. Menjadi Instagram Influencer


Influencer adalah seseorang yang mampu memberikan pengaruh (influence) kepada masyarakat, dalam hal ini adalah para pengikutnya (followers) di sosial media.

Menjadi seorang influencer bisa dilakukan oleh siapapun. Tidak mengenal batasan usia maupun gender. Seseorang dapat dikatakan sebagai influencer jika memiliki pengaruh baik.

Pengaruh inilah yang digunakan oleh berbagai brand sebagai strategi pemasaran di mana perusahaan mengajak seorang influencer untuk bekerja sama guna meningkatkan brand awareness ataupun penjualan sesuai dengan target pasar yang ditentukan.

Video tips jadi Instagram Influencer:



7. Penulis Konten Digital


Langkah menulis konten digital yang baik
Ketika menulis artikel yang baik, ada beberapa langkah yang harus kita lakukan.
  • Pertama, tentukan topik bahasan
  • Kedua, gunakan 5 W + 1 H (enam kata tanya) untuk menggali informasi yang akan kita tulis
  • Ketiga, riset kata kunci yang berhubungan dengan topik
  • Keempat, buat artikel mapping
  • Kelima, rangkai artikel mapping dalam rangkaian paragraf.

Video:



8. Mengajar Online


Bagaimana cara mengadakan belajar online yang efektif bagi para pengajar dan peserta didiknya? Simak beberapa tips berikut ini:
  • Pilih metodologi pengajaran yang paling efektif
  • Pilih struktur konten yang terorganisir dan tambahkan media
  • Pilih software e-learning yang baik
  • Dorong siswa/mahasiswa untuk membentuk grup online

Video cara menghasilkan uang dari mengajar secara online:



9. Bisnis Jasa Pembuatan Website


Ketika memulai sebuah bisnis Jasa Pembuatan Website, persiapan yang matang akan memberikan berbagai keuntungan.

Pertama, mampu membuat produk yang dapat menjamin kepuasan pelanggan. Kedua, mampu menghadapi persaingan usaha dengan baik.

Setidaknya, ada tujuh hal yang perlu dilakukan di awal membangun usaha. Apa saja?
  • Ciptakan Brand
  • Buat Website Company Profile
  • Buat Akun Media Sosial
  • Cetak Kartu Nama Bisnis
  • Menentukan Target Pasar
  • Memilih Jenis Jasa
  • Menetapkan Harga

Video analisa Bisnis pembuatan website:



10. Membuat Aplikasi Mobile


Semenjak kehadiran sistem operasi Android dan iOS, pengembangan aplikasi mobile pun semakin gencar dikembangkan ketimbang pengembangan aplikasi mobile berbasis J2ME dan PalmOS.

Selain karena harga handset yang murah plus fitur - fitur yang canggih. SDK dan Alat untuk mengembangkan aplikasi di kedua sistem operasi ini pun cukup mudah untuk dipelajari baik oleh mahasiswa maupun siswa menengah.

Dengan kehadiran application store seperti App Store dan Google Play pun membuat nisia aplikasi mobile semakin penting dalam ekosistem bisnis karena dapat menopang suatu bisnis melalui aplikasi mobile yang dikembangkannya.

Bagaimana cara mendapatkan untung dari bisnis membuat aplikasi ini, berikut diantaranya:
  • Menjual Aplikasinya kepada Client
  • Menjual Aplikasinya kepada User di Application Store
  • Menerapkan Biaya Langganan Aplikasi
  • Menerapkan In-App Purchase
  • Memasang Mesin Iklan
  • Disponsori suatu perusahaan atau badan untuk kampanye produk
  • Menjual Data Penggunaan Aplikasi Kita kepada Suatu Perusahaan

Video bisnis aplikasi mobile:




11. Menjual Produk Digital


Produk digital juga merupakan produk apa pun, apakah itu untuk dijual atau tidak, yang berada dalam format yang tidak berwujud sebagai file.

Nantinya barang digital tersebut dapat dialirkan, diunduh, dan diterjemahkan ke dalam media fisik (seperti ebook atau templat yang dicetak dalam salinan fisik),namun dalam hal tersebut titik interaksi utamanya adalah melalui teknologi.

Bisa dibilang produk digital merupakan produk apa pun yang dapat Anda beli dan akses melalui komputer, telepon, dan tablet tanpa persyaratan instalasi fisik apa pun.

Sebagian besar dari digital product yakni materi pendidikan yang dibuat dalam format digital dan didistribusikan secara online.

Ini juga sangat populer karena pengguna mengkonsumsi konten digital dan juga menguntungkan karena membuat pengetahuan lebih mudah diakses dan lebih praktis untuk diperoleh.

Dengan kemudahan dalam menjual tentu ada keuntungan yang Anda dapatkan. Salah satunya adalah Anda tidak perlu membayar biaya produksi atau distribusi.

Hal ini karena setelah Anda membuat produk, semua yang Anda jual sebenarnya akan menghasilkan keuntungan.

Inilah sebabnya mengapa banyak orang membuat digital product sendiri, misalnya menulis e-Book tentang suatu subjek, dan kemudian menjualnya.

Selain e-book, produk digital yang dijual bisa berupa video, fotografi, seni desian, grafis, jasa atau layanan.



12. Konsultan SEO


Sebelumnya Anda harus menjadi konsultan seo handal, setidaknya Anda harus melakukan beberapa langkah berikut ini:

- Pelajari semua tentang seo.


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika Anda ingin menjadi seorang konsultan seo maka jangan malas untuk belajar.

Pelajari semua hal yang menyangkut seo tersebut. Untuk bahannya, bisa Anda cek di mesin pencari ataupun membeli buku tentang seo.

Jika masih belum paham dengan bahasan yang diberikan, maka bisa langsung bertanya kepada teman yang sudah mumpuni menekuni bidang ini. Mana tau, ada teman dekat yang secara sukarela ingin membantu Anda.

- Persiapan setting seo.


Setelah mempelajari semua tentang seo, sekarang saatnya untuk Anda langsung terjun mendalami seo tersebut.

Lalu, muncul pertanyaan, bagaimana caranya agar website yang dioptimasi muncul pada halaman pertama?

Caranya tidak sulit, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih hosting dengan sangat cepat namun tepat.

Kemudian langsung pilih nama domain sesuai dengan produk yang Anda optimasi, jika namanya tidak sama juga tidak masalah.

- Langsung buat blog


Apabila Anda sudah menemukan yang dicari sebelumnya, maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat blog.

Apabila blog sudah ada, maka langsung install blog tersebut di hosting. Jika sudah ter-install, berikutnya langsung install Yoast seo, WP statistic, dan sebagainya.

- Jangan sampai lupa membuat sebuah artikel.


Jika Anda sudah selesai dengan blog, saatnya bagi Anda untuk membuat sebuah artikel. Pertama, pilihlah kata kunci yang akan dioptimasi, misalnya seperti konsultan seo Indonesia. Maka, buatlah artikel yang judulnya berhubungan dengan kata kunci tersebut.

Salah satu pakar SEO 'underground' yang banyak pengikut adalah Indra K. Ia membagikan ilmunya melalui channel YouTube Blog Tips.




13. Menjadi Seorang Podcaster


Podcast adalah hasil rekaman audio yang dapat didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet.

Berbeda dengan radio yang harus dilakukan dan ditayangkan secara langsung dalam frekuensi tertentu.

Namun, podcast dapat diimplementasikan kapanpun serta dapat didengarkan melalui berbagai media elektronik yang ada.

Spotify's Head of Studios for Southeast Asia, Carl Zuzarte mengatakan, ke depan potensi para kreator atau isitlahnya podcaster untuk meraih cuan lewat podcast makin tinggi. Hal ini berkorelasi dengan jumlah pendengar yang terus meningkat.

“Kreator dapat memonetisasi podcast dengan berbagai cara, di antaranya dengan sponsorship dan ad placements di dalam episode. Biasanya, ini dikenal sebagai host-read ads. Karena dibacakan secara personal dan sangat kontekstual, podcaster dan pengiklan bisa mengemas kontennya dengan banyak cara untuk melibatkan audiens mereka,” jelasnya.

Thomas melihat bahwa podcast merupakan bisnis masa depan yang menjanjikan. Keistimewaan podcast adalah bisa menjadi second activity

Artinya user bisa mendengarkan sambil mengerjakan hal lain seperti menyetir, memasak, bekerja, dan lainnya.



14. Online Trader


Online trading merupakan suatu sistem perdagangan yang dilakukan secara online melalui suatu perangkat dengan menggunakan internet.

Melalui sistem ini mereka tidak lagi perlu untuk mengunjungi atau mencari broker, karena dengan akses internet yang ada kamu dapat mencarinya dengan lebih mudah.

Apapun instrumen investasinya memang tentu sangat menjanjikan tetapi satu yang hal yang tetap perlu diingat bahwa risiko serta keuntungan yang didapat akan sebanding, karenanya pastikan untuk memahami risiko di dalamnya.

Namun, tetap trading online merupakan salah satu pilihan yang bisa dilakukan untuk mereka yang ingin melakukan investasi namun dengan modal yang minim.

Apabila kamu sudah memahami trading dengan betul, maka kamu dapat menghasilkan keuntungan yang optimal.

Cukup dengan menggunakan gadget seperti laptop, komputer, tablet atau bahkan smartphone saja kamu dapat melakukan segala transaksi dengan lebih cepat dan mudah.

Bahkan beberapa aplikasi trading memberikan banyak fasilitas di dalamnya mulai dari informasi harga, informasi riset pasar dan lainnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa segala instrumen investasi tentunya akan menjanjikan keuntungan. Tidak terkecuali juga trading yang bisa memberikan kamu passive income.

Namun, dengan catatan kamu sudah memahami betul seluk beluk dari trading sehingga passive income akan terus mengalir.





Referensi:

  • YouTube
  • https://www.google.com/amp/s/m.bisnis.com/amp/read/20210324/257/1372210/peran-teknologi-digital-dalam-pemulihan-bisnis-pasca-pandemi
  • https://www.google.com/amp/s/www.niagahoster.co.id/blog/bisnis-digital/
  • https://www.google.com/amp/s/www.akseleran.co.id/blog/trading-online/amp/
  • https://www.google.com/amp/s/m.bisnis.com/amp/read/20200608/84/1249860/ini-cara-mendapatkan-cuan-dari-podcast
  • http://www.dboenes.com/tips-sukses-menjadi-konsultan-seo-indonesia/
  • https://blog.jejualan.com/cara-menjual-produk-digital/
  • https://www.codepolitan.com/berbagai-cara-meraup-untung-dengan-membuat-aplikasi-mobile-59b9f909dbc26
  • https://www.google.com/amp/s/www.niagahoster.co.id/blog/memulai-bisnis-pembuatan-website/
  • https://www.google.com/amp/s/topcareer.id/read/2020/03/20/26713/tips-mengajar-online-yang-efektif/amp/
  • https://www.ikromzain.com/2017/11/belajar-menulis-konten-digital-yang-baik.html
  • https://www.pop-star.me/news/cara-daftar-jadi-influencer
  • https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/life/career/amp/fera/12-tips-menjadi-blogger-dengan-penghasilan-menggiurkan
  • https://qwords.com/blog/cara-menjadi-dropshipper/
  • https://www.google.com/amp/s/jalantikus.com/amp/tips/cara-menjadi-youtuber/
  • https://www.google.com/amp/s/www.hostinger.co.id/tutorial/buat-toko-online/amp

Search Keyword : digital bisnis adalah,marketing,digital marketing,e digital marketing,digital marketer adalah ,digital marketing adalah,bisnis digital ,apa itu digital marketing,apa itu digital marketer,digital market agency,online marketer,online marketing,online marketers,apa itu digital,jurusan bisnis digital,pengertian digital marketing,pemasaran digital,sebutkan macam macam bisnis digital,digital bisnis,bisnis it,prodi bisnis digital ,contoh bisnis digital,bisnis teknologi ,abdi bisnis digital,produk abdi,akademi bisnis digital,produk abdi akademi bisnis digital,jenis bisnis digital,akademi bisnis digital adalah,

Berlangganan via Email