Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Revolusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (bagian 3)

revolusi-teknologi-informasi-komunikasi

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi merupakan sebuah trend yang tidak dapat dibendung dan terbendung lagi. Era globalisasi telah mengantar perkembangan di berbagai aspek kehidupan manusia. 

Kehadiran teknologi komunikasi dan informasi dengan “segudang” kecanggihan dan kemudahan yang dibawanya mampu mengantar manusia ke sebuah tatanan yang memiliki kualitas dan standar hidup yang lebih baik.

Oleh karena itu, pemerataan pemahaman terhadap teknologi ini merupakan dasar berpijak bagi totalitas masyarakat untuk dapat memasuki era globalisasi. 

Penggunaan teknologi tanpa diimbangi pengetahuan dan etika, sulit memberi kemaslahatan dalam kehidupan masyarakat.

Sebaliknya pengetahuan terhadap suatu bidang tanpa pemanfaatan teknologi, hanya menghasilkan sebuah ikhtiar yang panjang dan melelahkan. 

Usaha minimalisasi kesenjangan pengetahuan (knowledge devide), khususnya pengetahuan tentang teknologi dapat mendorong berkurangnya kesenjangan kesejahteraan (prosperity devide) dalam masyarakat.

Selain itu, pemahaman terhadap berbagai potensi perkembangan teknologi dan standar yang dimilikinya memungkinkan masayarakat dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi komunikasi yang ada.

Istilah gagap teklonogi dan buruh teknologi terlebih lagi kesenjangan digital (digital devide) akan jauh dari masyarakat Indonesia apabila secara totalitas terbangun kesadaran bersama pentingnya pengetahuan tentang aspek teknologi ini.

Teknologi memang dapat memberi berbagai dampak positif dan negatif, tetapi dengan pemahaman yang paripurna terkait problematika dan dinamika teknologi yang berkembang.

Maka setiap individu dan masyarakat yang ada di sebuah Negara akan menjadi Penguasa teknologi dan bukan sebaliknya menjadi masyarakat yang dikuasai dan dikendalikan oleh teknologi. (*)

* Selengkapnya dalam Jurnal berjudul PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI: AKAR REVOLUSI DAN BERBAGAI STANDARNYA. Ditulis oleh Amar Ahmad, Mahasiswa Pascasarjana FISIPOL Universitas Indonesia Jakarta, 2012
* Gambar: Pexels

Berlangganan via Email