Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dandim 0619 hadiri Rakorcab PC GP Ansor Kabupaten Purwakarta. Letkol Krisrantau: Saya yakin GP Ansor setia pada Pancasila!

Dandim 0619/Purwakarta, Letkol ARM Krisrantau Hermawan memberikan materi dalam Rakorcab PC GP Ansor Kabupaten Purwakarta (11/4/2021)

PurwakartaOnline.com - Komandan Distrik Militer (Dandim) 0619/Purwakarta, Letnan Kolonel ARM Krisrantau Hermawan hadiri Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) GP Ansor Kabupaten Purwakarta di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah, Cipulus Wanayasa hari ini, Minggu (11/4/2021).

Dalam salah satu sesi Rapat Koordinasi ini Letkol Krisrantau mendapat kesempatan untuk memberikan materi mengenai Wawasan Kebangsaan (Wasbang). Namun, Dandim yang berasal dari Kabupaten Nganjuk Jawa Timur ini menyatakan bahwa dirinya lahir di daerah yang tidak asing lagi dengan Nahdlatul Ulama (NU).

Bahkan ia menyatakan sudah hafal jika GP Ansor adalah Badan Otonom (Banom) dari NU. Dengan begitu dirinya yakin dan percaya bahwa para Kader GP Ansor pasti memiliki kesetiaan terhadap Ideologi Pancasila dan mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Saya yakin dan percaya, atas bimbingan Ajengan dan Kyai NU, (GP) Ansor memiliki kesetiaan terhadap bangsa ini," ucap Letkol Krisrantau di hadapan peserta Rakorcab GP Ansor Kabupaten Purwakarta (11/4/2021).

Dalam memberikan materi tentang Wawasan Kebangsaan Letkol Krisrantau mengatakan jika dalam menjelaskan hanya perlu mengulas sedikit-sedikit saja. Karena ia menganggap selama ini GP Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) telah bekerja bersama-sama dalam beberapa kesempatan.

"Saat Covid-19 melanda Indonesia, Ansor-Banser ini bersama-sama kita, TNI-Polri membagikan masker. Kampanyekan protokol kesehatan kepada masyarakat," kata Letkol Krisrantau.

"Ini (materi) saya ulas sedikit-sedikit saja, karena teman-teman Ansor ini pasti sudah paham," lanjut Letkol Krisrantau.

Letkol Krisrantau mengingatkan para kader PC dan PAC GP Ansor di Kabupaten Purwakarta, bahwa GP Ansor termasuk kedalam Komponen Bangsa, yang mana harus memiliki peran dalam memahami serta mengaplikasikan Wawasan Kebangsaan, melalui Bela Negara demi mencapai Tujuan Nasional yang telah ditetapkan.

"Kita semua (GP Ansor, Banser dan TNI) disini termasuk komponen bangsa. Apapun profesinya, petani, dokter, wiraswasta, sekecil apapun perannya, kita wajib memiliki Wasbang. Dengan cara Bela Negara, untuk apa? Untuk mewujudkan Tujuan Nasional tadi," tegas Letkol Krisrantau, disambut tepuk tangan peserta Rakorcab dengan Punuh semangat.

Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) PC GP Ansor Kabupaten Purwakarta


Rapat koordinasi Cabang (Rakorcab) PC GP Ansor Kabupaten Purwakarta ini mengagendakan beberapa sesi, diantaranya adalah Evaluasi Program Kerja dan Upgrading Pengurus Pimpinan Cabang (PC). Selain Pengurus PC, Rakorcab juga diikuti oleh pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) dari 17 Kecamatan di Kabupaten Purwakarta.

Turut hadir dalam pembukaan acara Rakorcab, salah satu ulama Kabupaten Purwakarta, Habib Abdullah bin Muhsin bin Abu bakar, kemudian hadir Katib Suriah Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama yang juga Ketua Majlis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Provinsi Jawa Barat, KH. Ahmad Anwar Nasihin, S.H.,

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Purwakarta, Muhamad Mahmud mengakui jika PC GP Ansor Kabupaten Purwakarta sempat membatasi kegiatan selama pandemi Covid-19, dan baru kali ini bisa mengadakan kegiatan bersama.

"Selama pandemi (Covid-19) kita batasi kegiatan, baru sekarang kita kumpul lagi seperti ini, dengan cara menerapkan protokol kesehatan dengan cara saling menjaga," ungkap Muhamad Mahmud.

Tidak seperti biasanya, Rakorcab PC GP Ansor kali ini membatasi jumlah peserta, hanya diikuti oleh perwakilan Pengurus PC dan PAC saja. Dengan maksud agar lebih mudah dalam menjaga dan menerapkan protokol kesehatan. (ezs)

Berlangganan via Email