Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

17 Negara paling bersih di Dunia

PurwakartaOnline.com - Daftar 17 Negara Terbersih di Dunia. Penilaian ini dikerjakan berdasarkan indikator tertentu, di antaranya adalah kualitas udara, sanitasi dan air minum, pengelolaan limbah, ekosistem, pergantian iklim, dan emisi polusi berasal dari 180 negara.

Ada pula yang pilih negara yang bersih & sehat adalah negara yang nilai indeks prestasi di lingkungan terkandung nilai-nilai kebersihannya ada di atas rata-rata. Nilai indeks prestasi lingkungan ini dinamakan sebagai Environmental Performance Index (EPI).

Ruang lingkup hidup sehat di berbagai negara memang adalah kunci utama indikator penilaian index ini juga, jadi bakal tercakup terhitung berkenaan unsur udara, air, pertolongan habitat dan populasi kesegaran lingkungan. Jadi dapat dikatakan suatu negara yang bersih & sehat menyatakan hasil penilaian yang tinggi, dan beberapa negara di dunia mendiami peringkat atas bersama nilai EPI yang tinggi sekali.

Semua negara dapat diukur nilai EPI-nya dan berdasarkan hasil itu ditetapkan tergolong negara bersama lingkungan seperti apa. Jika anda tertarik untuk mempelajari negara-negara yang paling bersih & sehat di dunia, cobalah cari mengerti berapa nilai EPI negara itu.

Dari berbagai sumber dan berbagai indikator, inilah 17 negara paling bersih di dunia :

1. Denmark


Selain dikenal sebagai negara bersama penduduk yang bahagia, Denmark terhitung berhasil mencatatkan namanya sebagai negara terbersih nomor satu di dunia th. ini. Pencapaian ini tak lepas berasal dari upaya mereka didalam memegang komitmen sustainability, memaksimalkan pemanfaatan kekuatan yang dapat diperbarui (seperti pemanfaatan turbin angin, tenaga surya, dan biomassa), memelihara kebersihan dan pemanfaatan air, serta memerangi pergantian iklim.

Kesadaran bakal lingkungan memang jadi bagian berasal dari type hidup orang-orang Denmark. Bukan sekadar tren sesaat, sebanyak 50 % penduduk pergi bekerja tiap-tiap hari gunakan sepeda. Yang menarik, beberapa besar pelabuhan kota-kota besar seperti Copenhagen, Aarhus, Odense, dan Aalborg punya perairan yang lumayan bersih sehingga Anda dapat berenang di sana.

Anda dapat mengerti bahwa Denmark mendiami kronologis ketiga, berapa skor yang dicapainya? Skor kesegaran lingkungannya adalah 98,20 dan vitalitas ekosistem adalah 70,53. Jadi rata-ratanya adalah 80,90.

2. Luksemburg


The City of Luxembourg sangat memperhatikan soal kebersihan. Sebanyak 3.500 daerah sampah tersebar di sini. Bukan hanya semata-mata terhadap putung rokok, sampah permen karet, dan kotoran hewan, tetapi mereka terhitung memelihara sehingga daerahnya senantiasa cantik dipandang mata bersama melarang terdapatnya grafiti, segala style poster yang ditempel bebas di daerah publik, serta keberadaan semak belukar yang mengganggu. Apabila petugas mendapatkan coretan-coretan di sekitar lingkungan Anda, mereka tidak segan untuk menjatuhkan hukuman dan memberi Anda peralatan lengkap untuk membersihkannya.

3. Swiss


Bukan hanya sama bersama cokelat, Swiss terhitung sangat dikenal sebagai negara yang sangat mengutamakan kebersihan berasal dari jalanan sampai ke puncak gunungnya. Swiss berkomitmen tinggi didalam menghargai komitmen daur ulang, sehingga tiap-tiap sampah yang terbuang sebisa kemungkinan tidak meninggalkan sisa. Oleh sebab itu, Anda tak harus terperanjat memandang sekian banyak daerah sampah warna-warni tersebar di Swiss. Dan jangan sampai Anda tidak benar menghilangkan sampah ke daerah yang tidak benar kecuali tidak menginginkan beroleh denda.

Swiss pun punya The Recycling Map, yaitu sebuah peta digital yang bakal memberi informasi berkenaan 16.049 titik pengumpulan material yang dapat didaur ulang. Peta ini berfaedah untuk mengantar Anda menuju tempat-tempat di mana Anda dapat mengumpulkan sampah seperti aluminium, kaleng, botol kaca dan plastik, tekstil, baterai, dan peralatan elektronik.

Swiss memang jadi negara bersama alam yang indah dan masih sangat asri. Para penduduk Swiss pun jadi biasa bersihkan lingkungannya dan memelihara sehingga tidak ada sampah yang menyebabkan kerusakan lingkungan, paling tidak di jangkauan matanya. Akibatnya, Swiss beroleh nilai EPI sebesar 87,42, bersama nilai kebersihan lingkungan 93,57 dan vitalitas ekosistem 83,32.

4. Britania Raya


Kebersihan lingkungan Britania Raya dapat dikatakan tidak lepas berasal dari kontribusi komunitas masyarakatnya. Salah satunya adalah Keep Britain Tidy, sebuah organisasi amal independen yang tanpa henti mengupayakan untuk mengajak orang-orang memelihara kebersihan jalanan dan pantai demi menciptakan lingkungan yang sustainable serta mengurangi sampah melalui program-programnya.

Selain itu, masih ada banyak organisasi dan yayasan lingkungan lain yang dibantu oleh patron berasal dari bagian Kerajaan Inggris. Di antaranya adalah CleanupUK yang dipimpin oleh Duchess of Cornwall, Surfers Against Sewage bersama Pangeran Charles sebagai patron yang terhitung jadi pimpinan di The Environment Law Foundation, dan The Angling Trust yang memerangi polusi dan kerusakan lingkungan air bersama sokongan berasal dari Pangeran Philip, Duke of Edinburgh.

5. Prancis


Posisi Prancis di nomor lima seakan mematahkan stereotipe yang menyebut bahwa orang-orang berasal dari Kota Mode berikut dikenal tidak cukup dapat memelihara kebersihan diri sendiri. Selain penilaian berasal dari EPI, terhadap bulan Juni lalu, European Agency for the Environment terhitung melaporkan kecuali beberapa besar perairan di Prancis punya kualitas yang tergolong baik terhitung pemandian, danau, dan lautnya.

Perancis jadi negara yang sangat padat dikunjungi wisatawan tetapi masih dapat mempertahankan standing bersih & sehatnya. Pembiasaan dan program pemerintah jadi aspek utama kesuksesan perancis ini. Saat ini skor EPI negara ini adalah 83,95, disita berasal dari nilai kesegaran lingkungan 95,71 dan vitalitas ekosistem 76,11, memang lumayan jauh di bawah Swiss.

6. Austria


Austria punya reputasi sebagai negara yang bersih dan rapi, tak kecuali ibu kotanya yaitu Vienna. Disebut sebagai The Most Livable City di dunia oleh The Economist Intelligence Unit, jarang sekali ditemukan sampah dan grafiti di sepanjang jalanan kotanya. Tap water merupakan sesuatu yang sangat normal di sana dan kualitas hawa di Austria tergolong baik sebab minim polusi.

7. Finlandia


Tidak hanya dinobatkan sebagai negara terbahagia nomor satu di dunia oleh World Happiness Report, Finlandia terhitung mengantongi pencapaian sebagai tidak benar satu negara terbersih berasal dari polusi. Selain menerapkan komitmen sustainability, Finlandia terhitung punya ketetapan ketat berkenaan lingkungan yang selanjutnya menghasilkan hasil terhadap terjaganya kebersihan danau dan sungai serta menurunnya polusi udara.

Helsinki sebagai kota terbesar terhitung terbilang ramah lingkungan. Pemerintahnya sudah merancang efisiensi pemanfaatan kekuatan listrik dan penduduknya menyambut program ini bersama mengganti mobil bersama sepeda. Ibu kota Finlandia ini menargetkan penghentian pemanfaatan mobil di th. 2025 dan netral emisi karbon di th. 2035.

8. Swedia


Orang-orang Swedia tidak berbeda bersama negara Skandinavia lain yang mengerti bakal pentingnya komitmen sustainability demi kebaikan bersama. Selain bersih, tap water di Swedia terhitung menopang penduduknya sehingga mereka tidak lagi membeli minuman kemasan yang terhadap selanjutnya meninggalkan sampah plastik. Beberapa restoran pun mengajak pembelinya turut berkontribusi untuk mengurangi jejak karbon, sekiranya bersama tawarkan menu-menu vegetarian dan vegan-friendly.

Negara yang terhitung disebut bersama nama Sverig ini saat ini sudah berhasil gunakan renewable energy yang didapatkan berasal dari angin, tenaga surya, biomassa, dan lebih-lebih panas tubuh. Oleh karenanya, angka emisi di Swedia sangat rendah.

Tentunya memang secara alam, Swedia jadi daerah yang tak tersentuh oleh polusi dan kerusakan lainnya. Bahkan skor EPI mengimbuhkan nilai 94,41 untuk kesegaran lingkungan dan 71,24 untuk vitalitas ekosistem. Jadi keseluruhan nilai keseluruhannya adalah 80,51.

9. Norwegia


Negara Skandinavia terakhir yang masuk ke daftar 10 besar negara terbersih adalah Norwegia. Mereka punya langkah sendiri untuk memelihara sehingga daerahnya dan dunia senantiasa ramah lingkungan. Kepulauan Svalbard jadi daerah penyimpanan biji tanaman untuk nantinya dapat ditanam kecuali bumi mengalami krisis alam atau terkena bencana. Ada pula kegiatan plogging di mana orang-orang dapat berolah raga sekaligus memungut sampah di daerah hutan.

Norwegia terhitung punya the pant system, yaitu proses reward yang diberlakukan bagi orang-orang yang mengembalikan botol plastik dan kaleng aluminium. Saat membeli barang, mereka harus membayar lebih sekitar 1-2,5 Norwegian Nok (sekitar 1.600-4.200 rupiah) yang nantinya dapat disita lagi atau didonasikan sehabis mengembalikan kemasan berikut ke mesin-mesin yang ada di supermarket.

10. Jerman


Nyatanya, orang-orang Jerman terhitung akan grumpy kecuali memandang sudut-sudut yang bernoda. Dimulai berasal dari lingkungan sendiri, mereka punya tradisi Swabia yaitu Kehrwoche yang bermakna cleaning week. Bagi orang-orang yang pilih tidak menyewa petugas kebersihan untuk bersihkan apartemennya, mereka harus bergantian untuk menyapu lingkungannya. Dari sini, orang lain bakal menilai apakah Anda sangat dapat memelihara kebersihan atau tidak. Nah, setidaknya saat ini Anda mengerti tidak benar satu langkah untuk memicu mereka muncul lembut.

11. Belanda


Bagi yang sudah pernah berkunjung ke Belanda, anda pasti bakal sepakat bahwa Belanda adalah negeri yang sangat bersih, baik itu air, udara, maupun lingkungannya. Di Belanda terhitung banyak ditemukan taman atau perkebunan yang ditanami oleh tanaman hias semacam tulip. Belanda terhitung punya proses sanitasi terbaik di dunia, padahal letak kota-kota Belanda mayoritas lebih rendah ketimbang permukaan air laut.

Bersepeda di didalam kota adalah perihal wajar yang dikerjakan beberapa besar penduduk Belanda. Data yang didapat berasal dari laman numbeo.com, polusi di Belanda berada terhadap titik yang sangat rendah. Untuk persoalan kebersihan air dan udara, Belanda boleh berbangga sebab jadi panutan bagi negara-negara lainnya di dunia.

12. Kanada


Kanada adalah negara di luar Eropa yang dapat mencatatkan namanya sebagai negara terbersih, ternyaman, teraman, lebih-lebih paling puas di dunia. Semua kota yang ada di Kanada punya lingkungan yang sangat bersih secara umum. Berturut-turut, tidak benar satu kota di Kanada, yaitu Calgary, jadi kota terbersih di dunia.

US News didalam lamannya mengumumkan bahwa Kanada adalah negara peringkat kedua sebagai negara terbaik di dunia. Kategori ini meliputi kebersihan, layanan umum, kualitas pendidikan, layanan kesegaran masyarakat, penghasilan per kapita, dan tingkat kebahagiaan warga negaranya.

13. Selandia Baru


Negara tetangga berasal dari Australia ini terhitung masuk ke didalam daftar sebagai negara bersama lingkungan terbersih di dunia. Tak rela kalah bersama negara tetangganya, Selandia Baru terhitung beberapa kali pernah beroleh penghargaan tingkat internasional sebab prestasi pemerintahnya yang dapat menjadikan lingkungan di Selandia Baru sangat bersih dan bebas polusi.

Hampir di semua kota dan desa yang ada di negara berpopulasi 5 juta jiwa ini memang muncul sangat bersih dan punya sanitasi yang moderen demi ketersediaan air bersih. Wajar saja, negara yang terhitung dijuluki sebagai Eropa Kecil ini memang punya warga yang sangat taat terhadap ketetapan pemerintah.

14. Australia


Dilansir laman UN Environment Progamme, Australia sudah tergabung didalam daftar negara yang punya target di jaman depan untuk menghilangkan plastik berasal dari perairan laut di negaranya. Setidaknya, terhadap 2025 mendatang pemerintah Australia punya target mendaur lagi 70 % sampah yang ada di perairan laut negaranya.

Nah, lepas berasal dari program global tersebut, Australia memang sudah dikenal sebagai negara bersama lingkungan yang bersih dan modern. Beberapa kali Australia lebih-lebih beroleh penghargaan tingkat dunia sebab prestasinya di bidang pengelolaan limbah dan lingkungan hidup.

15. Islandia


Islandia atau Iceland adalah negara dingin yang terletak di sebelah barat laut Eropa dan 1.000 kilometer berasal dari Norwegia. Populasi penduduk Islandia terhitung sangat sedikit, yaitu sekitar 800 ribu jiwa. Namun, negara indah ini punya penghasilan per kapita yang sangat besar dan jadi tidak benar satu negara kaya di dunia.

Bagaimana bersama kebersihan negaranya? Faktanya, Islandia jadi tidak benar satu negara bersama lingkungan terbersih di Eropa, lebih-lebih dunia. Bahkan, sepuluh th. lalu, Islandia pernah dinobatkan sebagai negara terbersih di dunia, seperti ditulis didalam laman Forbes. Meskipun waktu ini peringkatnya menurun, Islandia masih terhitung ke didalam jajaran negara terbersih di dunia.

16. Malta


Malta yang jadi negara kecil bersama pengakuan bakal kebersihan dan kesegaran yang diterapkannya. Masyrakatnya yang hanya sedikit, dapat mendisiplin diri didalam memelihara kebersihan. Nilai kesegaran lingkungan yang diperoleh berasal dari negara ini adalah 93,80 dan nilai vitalitas ekosistemnya adalah 72,30.

17. Irlandia


Irlandia yang jadi negara paling bersih & sehat ke-9 di semua dunia. Nilai EPI berasal dari negara Irlandia ini adalah 78,64. Sedikit banyak Irlandia menerapkan komitmen kebersihan & kesegaran darii negara Inggris. Lalu soal nilai kesegaran lingkungannya adalah 98,41, sangat tinggi tetapi nilai vitalitas ekosistemnya adalah 67,34. (*)

Sumber:
https://harpersbazaar.co.id/articles/read/9/2020/12791/Inilah-Daftar-10-Negara-Terbersih-Di-Dunia
https://www.idntimes.com/travel/destination/dahli-anggara/negara-dengan-lingkungan-terbersih-di-dunia
https://www.simulasikredit.com/negara-paling-bersih-dan-sehat/

Berlangganan via Email