Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tragedi tahun baru di Purwakarta, 5 orang meninggal



PurwakartaOnline.com - Memasuki hari pertama tahun 2021, berita duka menggemparkan Purwakarta. Tragedi atas hilangnya 5 nyawa di Waduk Cirata, Purwakarta.

Dilansir dari Tribunnews (1/1/2021), Lima orang meninggal dunia dalam tragedi perahu tenggelam di Waduk Cirata, Kampung Pasirwetan, Desa Sirnagalih, Kecamatan Maniis, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (1/1/2021) siang.

Kapolsek Maniis, AKP Suparlan mengatakan kejadian terjadi saat perahu kayu yang membawa tujuh orang penumpang dan satu pengemudi mengarah ke kolam jaring apung (KJA) dari tepi danau.

"Setelah melaju sejauh 20 meter, perahu itu bergoyang tak seimbang dan mulai tenggelam karena kelebihan muatan," katanya.

"Pengemudi perahu melompat keluar perahu menyelamatkan diri bersama dua penumpang lainnya," katanya.

Sementara lima orang lainnya hilang dan tim SAR Gabungan pun langsung melakukan pencarian.

"Ada perahu terbalik di Kampung Pasirwetan, Maniis, semuanya ada delapan orang, tiga orang selamat dan lima sedang dicari," kata Danru Diskar PB Purwakarta, Afif BJ, Jumat (1/1/2021).

Hal senada disampaikan Camat Maniis, Cecep, Kapolsek Maniis, AKP Suparlan dan Kasatpolairud, Iptu Jajang Sukandar.

"Betul, saya juga baru dapat informasi pukul 14.10 WIB, sekarang mau ke lokasi," kata Camat

"Kalau informasi (perahu terbalik) ada, tapi mau saya cek ke TKP kebenarannya," ujar Kasatpolair Polres Purwakarta.

Badar tewas saat hendak menolong


Setelah dilakukan pencarian selama beberapa jam, Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan seluruh korban perahu terbalik di Waduk Cirata pukul 18.30 WIB.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah mengatakan pihaknya berhasil menemukan empat korban lainnya dalam kondisi tak bernyawa.

"Pukul 16.30 WIB kami temukan Eneng (25), pukul 16.40 WIB kami temukan Badar (25), pukul 18.00 WIB kami temukan Zian (1), dan terakhir pukul 18.30 WIB kami temukan Aqila (7)," katanya.

Selanjutnya, seluruh korban dibawa ke rumah duka. Dengan telah ditemukan seluruh korban maka operasi SAR ditutup dan seluruh unsur SAR kembali ke satuannya masing-masing.

Berikut data korban selamat:

1. Angga
2. Uca
3. Ika
4. Fitri
5. Desi

Data korban meninggal dunia:

1. Ai Latifah (14)
2. Eneng (25)
3. Zian (1)
4. Badar (25)
5. Aqila (7)

Deden menjelaskan bahwa korban Badar tak naik perahu. Dia menunggu di tepi kolam.

Namun, saat melihat perahu tenggelam, Badar berniat menolong dengan cara berenang. Namun, tak lama kemudian Badar ikut tenggelam.

Adapun Unsur SAR yang berada di lapangan, yaitu Basarnas Bandung, Damkar Purwakarta, Dishub Cianjur, Satpol PP Maniis, Pramuka Purwakarta, dan BPWS Purwakarta. (*)

Sumber: https://m.tribunnews.com/amp/regional/2021/01/01/kronologi-perahu-tenggelam-di-waduk-cirata-purwakarta-lima-orang-ditemukan-tewas

Berlangganan via Email