Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

9 manusia paling tinggi yang pernah ada di bumi. Raksasa di dunia nyata!

manusia-paling-tinggi-dunia

PurwakartaOnline.com - Bukan karena obat peninggi badan, tapi memang terlahir tinggi atau karena pertumbuhannya yang berbeda dengan manusia pada umumnya.

Mungkin dalam dongeng dan kisah kuno anda pernah mendengar tentang cerita manusia bertubuh tinggi. Tak jarang kita sebut dengan istilah Raksasa, namun itu sulit dibuktikan.

Disebut dengan Gigantisme hiposis, atau sindrom Marfan, kondisi ini menyebabkan seorang manusia untuk tumbuh melebihi tinggi normal. Sindrom Marfan biasanya terjadi karena sekresi hormon pertumbuhan kelenjar pituitari yang berlebihan.

Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh tumor yang tumbuh pada kelenjar yang sama di dasar otak. Maka dari itu, orang-orang yang menderita Gigantisme hiposis cenderung berumur pendek.

Walaupun terdengar menyedihkan, kisah orang-orang tertinggi di dunia menarik untuk dipelajari. Simak daftar manusia tertinggi di dunia berikut ini:

9. Don Koehler - 249 Cm


manusia-paling-tinggi-dunia

Don Koehler terkenal dengan julukan Raksasa Montana. Kondisi pertumbuhan abnormal pada Don pertama kali dideteksi saat umurnya menginjak 10 tahun.

Tinggi tubuh Don tiba-tiba melonjak, membuat keluarganya kewalahan mengurus kesehatan serta kebutuhan Don. Don Koehler menyandang status pria tertinggi di dunia pada tahun 1969 dan meninggal di tahun 1981.

8. Vikas Uppal (251 Cm)



Menurut surat kabar The Tribune di India, tinggi Vikas Uppal mencapai lebih dari 2 meter 3 inci. Angka tersebut bahkan diprediksi bertambah kalau umur Vikas tidak pendek.

Vikas Uppal lahir di Rohtak, India pada tahun 1986 dan meninggal dunia di tengah-tengah proses pengangkatan tumor otaknya di tahun 2007.

7. Bernard Coyne (252 Cm)


manusia-paling-tinggi-dunia

Orang tertinggi di dunia selanjutnya adalah Bernard Coyne. Lahir di Iowa, AS, pada 27 Juli, 1897, Bernard Coyne divonis menderita penyakit Eunuchoidal infantile gigantism.

Penyakit ini satu tingkat lebih parah dari sindrom Marfan, sehingga tak aneh jika tinggi Bernard melampaui angka normal. Hebatnya, walaupun menderita penyakit mematikan, Bernard tetap mendaftarkan diri untuk mengabdi pada negara saat Perang Dunia I.

6. Sultan Kosen (252 Cm)


manusia-paling-tinggi-dunia

Seperti orang-orang yang mengidap sindrom Marfan lainnya, pertumbuhan abnormal Sultan Kosen baru terdeteksi di umur 10 tahun.

Setelah itu, ia menghabiskan masa remajanya sebagai salah satu orang tertinggi di dunia. Predikat manusia tertinggi diraih Sultan Kosen di tahun 2011 dan diberikan langsung oleh Guinness World Records.

5. Edouard Beaupre (252 Cm)


manusia-paling-tinggi-dunia

Tidak hanya dikenal sebagai manusia tertinggi, Edouard Beaupre merupakan pegulat paling kuat pada masanya.

Berkat tinggi badannya yang tidak normal, Edouard dikenal sebagai pegulat raksasa dan ditakuti banyak lawannya. Ia sempat masuk sebagai salah satu anggota sirkus Barnum and Bailey’s, tetapi meninggal di perjalanan di tahun 1904.

4. Vaino Myllyrinne (253 Cm)


manusia-paling-tinggi-dunia

Vaino Myllyrinne lahir di Helsinki, Finlandia pada tahun 1909. Tinggi badannya tercatat mencapai 253 cm saat ia berumur 21 tahun.

Pria berkulit pucat ini merupakan salah satu orang tertinggi di dunia yang bisa hidup melebihi 30 tahun. Vaino menutup usia di tahun 1963 karena penyakit kanker.

3. John F. Carroll (263 Cm)


manusia-paling-tinggi-dunia

Jurnal medis di Amerika Serikat menyematkan gelar Buffalo Giant pada John F. Carroll. Ini dikarenakan tinggi badannya yang tumbuh secara drastis dimulai dari umur 6 tahun.

Masa remaja John merupakan masa-masa sulit karena ia tidak mempunyai satu orang pun yang mau berteman dengannya. Cerita sedih ini berlanjut ketika John divonis terkena tumor otak dan meninggal pada usia 37 tahun.

2. John Rogan (267 Cm)


manusia-paling-tinggi-dunia

Dengan tinggi 267 cm, John Rogan adalah manusia tertinggi kedua di dunia. Ia merupakan satu-satunya pria keturunan Afrika yang masuk ke dalam daftar ini. Selain tingginya yang melampaui batas, berat badan John pun tidak normal.

Selama masa hidupnya, ia dibantu oleh keluarga untuk beraktivitas secara normal. John lahir di Tennessee pada tahun 1868 dan meninggal dunia di tahun 1905 karena tumor otak dan usus.

1. Robert Wadlow (272 Cm)


manusia-paling-tinggi-dunia

Orang tertinggi di dunia adalah Robert Wadlow. Dikenal dengan nama Raksasa Illinois, pertumbuhan tinggi badan Robert Wadlow sudah mulai terlihat saat ia menginjak usia 8 tahun.

Saat itu, tingginya sudah mencapai 196 cm dengan berat badan seberat 77 kg. Tubuhnya sangat besar sampai-sampai pihak sekolah Robert menyediakan kursi spesial untuknya di ujung kelas.

Tinggi badan Robert tidak selamanya membuat ia sengsara. Ia sempat tampil di beberapa acara TV Amerika Serikat dan keliling dunia sebagai manusia tertinggi di planet Bumi. (*)

Sumber: https://www.99.co/blog/indonesia/orang-tertinggi-di-dunia/#:~:text=Robert%20Wadlow%20(272%20Cm)&text=Orang%20tertinggi%20di%20dunia%20adalah%20Robert%20Wadlow.

Berlangganan via Email