Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Otong, Ketua KTNA Jabar jelaskan sejarah istilah 'Kontak Tani'

otong-wiranta-ketua-ktna-jabar-arti-kontak-tani
Otong Wiranta, saat memberikan sambutan dalam Rembug Paripurna KTNA Kabupaten Purwakarta (19/12/2020)

PurwkartaOnline.com - H. Otong Wiranta, SP. MM., Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Jawa Barat menjelaskan istilah 'Kontak Tani' yang telah digunakan jauh sebelum Indonesia merdeka.

Menurut Otong, istilah Kontak Tani adalah sebutan bagi pimpinan petani di suatu daerah. Karena saat itu, penguasa kesulitan mendapat informasi mengenai pertanian.

Maka penguasa akan mencari 'ketua' atau pimpinan di bidang pertanian, yang saat itu disebut Kontak Tani.

Hal ini disampaikan Otong saat memberikan sambutan dalam acara Rembug Paripurna KTNA Kabupaten Purwakarta yang digelar hari ini (Sabtu, 19/12/2020).

Otong juga mengucapkan selamat, atas terselenggaranya Rembug Paripurna KTNA Kabupaten Purwkarta. Ia juga mengingatkan bahwa Rembug Paripurna adalah mausyawrah tertinggi di KTNA.

"Atas nama KTNA Jabar saya ucapkan selamat atas terselenggaranya Rembug Paripurna KTNA Purwakarta. Meskipun dalam situasi seperti (Pandemi covid-19) ini," kata Otong.

"Rembug Paripurna KTNA adalah musyawarah tertinggi, termasuk pemilihan ketua," lanjut Otong.

Otong mengapresiasi kepemimpinan H. Ujang Alim Adisaputra, S.Hut., sebagai Ketua KTNA Kabupaten Purwakarta periode 2015-2020.

"Luar biasa, KTNA Purwakarta menjadi sangat aktif. Bahkan jika tidak Pandemi, Purwkarta jadi tuan rumah Hari Krida Pertanian (HKP) Jawa Barat," pungkas Otong. (*)

Berlangganan via Email