Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Daftar Bank milik Pemerintah atau BUMN. Alamat cabang di Purwakarta dan nomor telepon


PurwakartaOnline.com - Saat ini ada empat bank milik pemerintah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dan semua Bank BUMN tersebut ada cabangnya di Kabupaten Purwakarta.

Walau sudah ada yang sebagian sahamnya dimiliki publik atau menjadi emiten, namun saham bank-bank BUMN tersebut sebagian besar masih dimiliki oleh pemerintah. 

Selain mendapat dukungan pemerintah, bank-bank BUMN biasanya menjadi bank yang dipilih untuk menjalankan program pemerintah.

Inilah daftar bank BUMN di Indonesia


Sama seperti bank-bank lain, kamu bisa melakukan transaksi perbankan dan mendapatkan banyak produk di bank BUMN. 

Untuk kamu yang ingin menjadi bankir, bekerja di Bank BUMN juga pilihan tepat. Inilah daftarnya:


1. Bank Mandiri


Bank yang satu ini punya sejarah yang panjang dalam pembentukannya. Bank Mandiri berdiri pada 2 Oktober 1998. Bank Mandiri sendiri merupakan gabungan dari empat bank pemerintah yang dilikuidasi, yaitu Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo).

Bank Mandiri pun merupakan bank pertama yang punya nilai aset lebih dari Rp1.000 triliun. Hingga sekarang, Bank Mandiri sudah punya lebih dari 1.200 kantor cabang di seluruh Indonesia dan jutaan mesin ATM. Selain itu, ada sekitar 7 kantor cabang Bank Mandiri di luar negeri.

Alamat Cabang di Kabupaten Purwakarta


Jalan Raya Sadang-Subang No. 342 A, Ciwangi, Ciseureuh, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41118

Nomor Telepon: 02648221883

2. Bank Rakyat Indonesia (BRI)


Berdasarkan PP Nomor 1 tahun 1946, BRI dinobatkan menjadi bank pemerintah pertama di Indonesia. BRI sebenarnya sudah berdiri sejak 16 Desember 1895 di kota Purwokerto, Jawa Tengah. 

Bank yang satu ini sudah melayani simpan pinjam untuk masyarakat di sana sejak itu. Sejak 2003, BRI sudah menjual sahamnya di lantai bursa. Namanya pun berubah menjadi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. 

Namun, saham mayoritasnya masih dipegang oleh pemerintah. BRI pun jadi pilihan untuk para siswa dan mahasiswa yang ingin punya rekening untuk pertama kalinya.

Alamat Cabang di Kabupaten Purwakarta


Jl. K.K Singawinata No.68, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41114

Nomor telepon: 0264 200120

3. Bank Negara Indonesia (BNI)


Bank Negara Indonesia sudah memiliki ribuan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Ada juga 8 cabang yang dibangun di luar negeri, khususnya negara tetangga. 

Jadi, jangan khawatir bila sedang bepergian ke negara-negara ASEAN karena kamu akan menemukan ATM BNI di sana. Bank BUMN yang satu ini diresmikan pada 5 Juli 1946. 

BNI sendiri dibentuk untuk melayani seluruh lapisan masyarakat di semua skala ekonomi. Bank yang satu ini juga bekerja sama dengan sekolah dan perguruan tinggi negeri untuk memudahkan para pelajar membayar uang SPP.

Alamat Cabang di Kabupaten Purwakarta


Jl. Jenderal Sudirman No.3, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41114

Telepon: 0264 200746

4. Bank Tabungan Negara (BTN)


Sejak awal bank ini didirikan, fokusnya adalah membantu perencanaan kepelikan rumah oleh seluruh masyarakat. Produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari BTN sudah sangat populer sejak dulu. 

Ditambah lagi, pemerintah juga menggalakkan program 1 juta rumah beberapa tahu terakhir. Bila tidak ada masalah dengan urusan perbankan, mungkin saja kamu bisa mendapatkan pinjaman dana KPR lebih besar.

Pengajuan melalui BTN bisa dibantu hingga cicilan sebesar 70% dari penghasilan per bulannya. Jarang ada bank lain yang berani menawarkan angka sebesar itu.

Alamat Cabang di Kabupaten Purwakarta


Jl. R.E. Martadinata, No. 1, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41114

Telepon: 0264 201024

***

Itu dia deretan Bank BUMN yang beroperasi di Indonesia. Tiga bank di antara sudah masuk dalam kategori Bank BUKU IV, yaitu Mandiri, BNI, dan BRI. Artinya, bank-bank tersebut punya nilai aset di atas Rp30 triliun.

Kamu tinggal memaksimalkan peran-peran bank di atas untuk mengelola keuangan atau mulai berinvestasi di sana. (*)

Sumber: Google maps / Blog Bukalapak

Berlangganan via Email