Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

RS UMMI dipolisikan, Habib Rizieq dikabarkan KABUR!

rs-ummi-dipolisikan-habib-rizieq-kabur
RS UMMI dipolisikan, Habib dikabarkan Kabur

PurwakartaOnline.com - Satgas Covid-19 Bogor melaporkan Rumah Sakit Ummi karena diduga menghalangi atau menghambat penanggulangan corona. Laporan diduga berkaitan dengan tidak terbukanya informasi pengambilan tes usap Covid-19 kepada Rizieq Shihab.

"Jadi poin utamanya adalah menghalangi atau menghambat dalam upaya penanganan wabah penyakit menular. Kami beranggapan bahwa pihak rumah sakit tidak kooperatif, menutupi informasi yang seharusnya disampaikan secara terbuka," kata Kepala Satpol PP Kota Bogor Agustian Syah, Sabtu (28/11/2020).

Mengenai hasil tes covid-19 Habib Rizieq, tentu saja menjadi perhatian netizen tanah air. Salah satunya adalah Nakula, ia ikut berkomentar mengenai rahasia hasil tes covid Habib Rizieq.

Agustian Syah menepis apa yang dilakukan oleh Satgas Covid-19 Kota Bogor adalah untuk menggiring opini, melainkan murni untuk penanganan covid.

"Kami dari tim satgas Covid memastikan bahwa pasien tersebut sudah dilakukan swab tes itu saja. Terkait hasilnya, itu adalah urusan internal antara satgas covid dengan pihak rumah sakit dan pasien," ungkap Agustian.

Agustian juga mengatakan jika tak ada yang melihat pelaksanaan tes swab yang dilakukan oleh Habib Rizieq Shihab. Bahkan, tak ada rekaman CCTV yang menunjukkan kedatangan petugas Mer-C tersebut.

"Itu di lantai 4 pasien tersebut dirawat tidak ada memory nya dari pihak rumah sakit," lanjut Agustian.

Dikutip dari okezone, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengakui pengambilan tes swab terhadap Habib Rizieq yang dilakukan secara tertutup dan tanpa koordinasi sedang didalami kepolisian.

"Ya ini sedang didalami oleh kepolisian. Kita bekerja sama dengan kepolisian, ini bagian dari kesepakatan bahwa ketika pengambilan (swab) itu semua harus sesuai dengan prosedur dan aturan. Sekarang sedang didalami juga oleh kepolisian siapa saja yang ada di situ, kan harus ada sanksinya," ujar Bima.

Adapun pasal yang disangkakan atas tindakan yang dilakukan RS Ummi ini yakni pasal 2 UU No. 4 Tahun 1984 tentang wabah penyakit menular. Simak dialog lengkapnya bersama Kepala Satpol PP Kota Bogor Agustian Syah di video berikut:



Habib dikabarkan kabur!


Dikutip dari okezone (29/11/2020), Habib Rizieq dikabarkan kabur dari RS Ummi Kota Bogor, Jawa Barat. Sumber dari kepolisian menyebutkan bahwa Habib Rizieq kabur tanpa menjelaskan hasil tes swab yang dilakukannya.

Kapolres Bogor Kota Kombes Pol Hendri Fiuser menjelaskan bahwa Habib Rizieq kabur melalui pintu belakang rumah sakit pada pukul 20.50 WIB, Sabtu 28 November 2020.

"Pihak rumah sakit masih tertutup terkait keberadaan MRS," jelasnya.

Hasil swab test Covid-19 Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab sudah keluar. Namun, Habib Rizieq menolak untuk hasil swab tesnya itu dipublikasikan secara luas.

Diberitakan TribunNews, Front Pembela Islam (FPI) angkat bicara soal isu Habib Rizieq Shihab dikabarkan kabur dari RS Ummi Kota Bogor. Pihak FPI secara tegas membantah kabar jika Habib Rizieq kabur dari rumah sakit.

Sebelumnya Habib Rizieq dikabarkan kabur dari rumah sakit berbarengan dengan polemik dirinya yang sempat menolak tes swab. Meski akhirnya menjalani tes swab, Habib Rizieq tak menjelaskan hasilnya dan memilih keluar dari rumah sakit.

Keluarnya Habib Rizieq dari RS Ummi juga bersamaan dengan dilaporkannya pihak rumah sakit oleh Satgas Covid-19 Kota Bogor. Namun kabar-kabar tersebut akhirnya dibantah pihak FPI mewakili Habib Rizieq.

Dikutip dari Tribunnews, Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI Azis Yanuar menyebutkan kabar Habib Rizieq kabur dari RS UMMI tidak benar. Habib Rizieq diklaim tidak kabur melainkan keluar dari RS Ummi karena sudah sehat.

"Tidak benar (kabur dari RS). Beliau pulang karena sudah sehat, yang bilang kabur itu orang-orang jiwa dan mentalnya sakit," kata Azis saat dikonfirmasi, Minggu (29/11/2020).

Front Pembela Islam (FPI) membantah kabar bahwa Habib Rizieq Shihab kabur usai sempat dirawat di rumah sakit UMMI, Bogor, Jawa Barat. Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI Azis Yanuar menyebutkan kabar Habib Rizieq kabur dari RS UMMI tidak benar. Alumnus universitas di Malaysia itu keluar dari RS karena memang telah kembali sehat.

"Tidak benar (kabur dari RS). Beliau pulang karena sudah sehat, yang bilang kabur itu orang-orang jiwa dan mentalnya sakit," kata Azis saat dikonfirmasi, Minggu (29/11/2020).

Azis juga menjawab kabar yang menyebutkan Habib Rizieq tidak kooperatif karena tidak memberitahukan hasil swab test usai keluar dari RS UMMI. Menurutnya, hasil swab test merupakan privasi pasien. Itulah kenapa, saat Habib Rizieq keluar dari rumah sakit tidak memberikan informasi terkait swab test Covid-19.

"Hasil swab itu privasi beliau. Sekarang alhamdulillah sehat," pungkasnya.

Hingga saat ini, FPI menyebutkan Habib Rizieq telah kembali di rumahnya di Petamburan, Jakarta Pusat. Sebelumnya, Habib Rizieq disebutkan kabur pada Sabtu (28/11/2020) malam.

Tak hanya seorang diri, Habib Rizieq dilaporkan kabur bersama sang istri yang juga menjalani perawatan di RS Ummi. Habib Rizieq dan istri disebut-sebut kabur dari rumah sakit dengan melalui pintu belakang.

Dilaporkan ada sebuah kendaraan yang menjemput Habib Rizieq dan istri dari RS Ummi. Dikutip dari Tribunnews, Kapolres Bogor Kota, Kombes Pol Hendri Fiuser mengatakan, Habib Rizieq kabur lewat pintu belakang rumah sakit pada pukul 20.50 WIB tadi malam.

"Kita masih konfirmasi, pihak rumah masih tertutup soal keberadaan MRS," katanya.

Sementara itu pihak Rumah Sakit yakni RS Ummi hingga kini masih bungkam perihal keluarnya Habib Rizieq dan istri. Direktur Utama RS Ummi, Andi Tatat dan Direktur Umum Najamudin, tidak merespon konfirmasi yang disampaikan.



Sumber: Tribun Network / Kompas / Okezone / Twitter

Berlangganan via Email