Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kapal MV Tina I kandas di Batam, angkut 57.164 ton



PurwakartaOnline.com - Kapal tanker bernama MV Tina I dikabarkan menabrak karang Pulau Batu Berhenti Belakang Padang, Batam, Kepri, Senin (23/11/2020) hingga mengalami kandas.

Informasi kandasnya kapal itu dibenarkan Kepala Pos Basarnas Batam, Ronaldy saat dihubungi, Senin (23/11/2020) pagi.

"Dari informasi yang kita peroleh, kapal itu kandas bang. Informasi kandasnya tadi malam," ujarnya.

Apakah ada korban jiwa, Ronaldy mengatakan tim SAR pos Batam sedang berada di TKP untuk menyelidikinya.

"Tim SAR tadi pagi sudah kita berangkatkan ke lokasi kejadian," katanya.

Ia menyebutkan di lokasi saat ini ada dua kapal tanker kandas.

Medcom

Sementara itu dilansir dari Medcom (23/11/2020), Kapal MV Tina 1 tersebut berlayar dari Singapura dengan tujuan Jakarta, nahas kapal kandas di perairan Batu Berhenti, Selat Singapura, Batam, Kepulauan Riau, pada Minggu, 22 Nopember 2020.

Dikabarkan bahwa Informasi tersebut telah diterima Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjung Balai Karimun.

Selanjutnya Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Uban Capt. Handry Sulfian segera mengerahkan dua kapal patroli KPLP, yaitu KN Sarotama-P.112 dan KN Rantos-P.210. Kapal tersebut untuk melakukan pengawasan dan pengamanan di lokasi kejadian.

“Berdasarkan hasil pemantauan dan pengawasan, kondisi kapal MV Tina 1 sampai saat ini belum mengalami kebocoran dan tumpahan minyak di sekitar kapal tersebut,” ujar Handry dalam keterangan resmi, Senin 23 November 2020.

Adapun lokasi kandasnya kapal MV Tina 1 ini berdekatan dengan lokasi kandasnya kapal MV Sharaz. Sebelumnya, kapal MV Sharaz kandas di perairan Batu Berhenti, Batam, Kepulauan Riau, pada Mei lalu.

Handry menyebut pihaknya juga menurunkan rescue boat KN Sarotama-P.112 untuk mempermudah pengawasan dan pengamanan kapal yang kandas. Berdasarkan informasi, kapal MV Tina 1 mengangkut muatan kontainer dengan jumlah muatan sebesar 4.096 TEUs. Adapun berat keseluruhan muatan mencapai 57.164 ton.

Sebagai informasi, kapal MV Tina 1 dengan Call Sign 5BYH4 berbendera Cyprus, dinahkodai Kapal Krzystor Bogdan yang berkewarganegaraan Polandia. Kapal MV Tina 1 memiliki panjang kapal 278,94 m, dengan lebar kapal 40 m. Serta, mengangkut awak kapal berjumlah 20 Orang.

Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban masih menyiagakan dua kapal patrol di lokasi kejadian, yaitu KN Sarotama-P.112 dan KN Rantos-P.210. Itu bersama dengan KN 366 dari KSOP Tanjung Balai Karimun, serta kapal patroli dari Polair Polda Kepri.


Sumber: Medcom / Tribunnews / CNN

Berlangganan via Email