Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Covid-19, Mahasiswi KKN Lakukan Percobaan Sains Bersama Anak Via Online

sains-anak-paud-azka-aulia-upi-purwakarra
Sains anak. Azka Aulia Azzahra bersama anak PAUD

PurwakartaOnline.com - Azka Aulia, Mahasiswi KKN Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 UPI Purwakarta (KKN-TPPD) memberikan inovatif kepada masyarakat. Kali ini menyasar kepada PAUD di Kober Nurul Fikri, Kampung Cihideung, Kelurahan Ciseureuh, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. 

Dalam inovasinya, mahasiswi bernama lengkap Azka Aulia Azzahra memberikan pembelajaran daring untuk siswa di Kober Nurul Fikri. Sebanyak 2 guru, 11 orang siswa dan 11 orang tua siswa tampak antusias mengikuti pembelajaran daring tersebut. 

Perlu diketahui, Kober Nurul Fikri sendiri merupakan PAUD yang tergolong aktif di Purwakarta. Guru di Kober Nurul Fikri sering mengikuti pelatihan diklat yang diselenggarakan oleh Dirjen PAUD dan seminar pendidikan lainnya guna agar kemampuan guru terus terasah dan bisa memberikan pengajaran terbaik kepada muridnya. Orang tua di Kober Nurul Fikri juga sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran anaknya di Kober Nurul Fikri.

Saat ini status Covid-19 di Purwakarta sudah memasuki zona merah. Pemerintah mewajibkan seluruh sekolah untuk belajar di rumah. Azka, selaku mahasiswi KKN T PPD UPI Kampus Purwakarta menciptakan pembelajaran daring dengan melakukan kegiatan percobaan sains untuk siswa di Kober Nurul Fikri. Percobaan sains yang dilakukan kepada siswa di Kober Nurul Fikri adalah percobaan membuat pelangi. 

Percobaan daring ini bertujuan agar siswa dan orang tua bisa bersama-sama bermain dan belajar dengan cara yang menyenangkan. 

Simak video berikut:



Azka memberikan paket percobaan sains kepada orang tua siswa melalui sekolah. Lalu, pihak sekolah memberikan paket percobaan sains tersebut kepada orang tua untuk dilakukan di rumah bersama anak.

Azka memberikan tutorial langkah-langkah percobaan sains dengan menggunakan media video. Orang tua membantu anak untuk mengikuti video tutorial langkah-langkah percobaan sains tersebut lalu proses dan hasil percobaan sains anak bersama orang tua. 

Orang tua bertugas untuk merekam proses dan hasil percobaan bersama anak. Rekaman video tersebut menjadi bukti konkret pembelajaran daring sains di Kober Nurul Fikri. 

Percobaan sains di rumah ini selain sebagai sarana media pembelajaran di rumah untuk menstimulus perkembangan anak, juga sebagai sarana untuk mempererat kelekatan antara orang tua dan anak di rumah dengan kegiatan bermain dan belajar karena faktor yang paling berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak adalah peran orang tua 

“Percobaan ini sangat menarik dan menyenangkan. Kegiatan anak di rumah biasanya hanya bermain dan menonton televisi. Namun kini dengan adanya mahasiswi KKN dengan inovasi pembelajarannya kami sebagai guru sangat terbantu dalam mengatasi pembelajaran daring ini” kata Ibu Vivi Kurnia, kepala sekolah Kober Nurul Fikri dalam wawancara, Senin (23/11/2020).

“Anak dapat mengikuti pembelajaran percobaan sains ini bersama ibu nya di rumah. Saya juga tidak khawatir karena pembelajaran dilakukan di rumah.” kata salah satu orang tua dari salah satu siswa Kober Nurul Fikri dalam wawancara, Senin (23/11/2020) 

Dengan melaksanakan kegiatan KKN-Tematik Covid- 19 ini diharapkan senantiasa memberikan motivasi dan inovasi kepada guru juga orang tua agar dapat melaksanakan pembelajaran di rumah dengan cara yang menarik untuk anak. (WW)
 


Berlangganan via Email