-->

Saturday, August 29

Kopi Sunda Purwa dan Bah Toha

Kopi Sunda Purwa dan Bah Toha

PurwakartaOnline.com - Kopi Sunda Purwa adalah merk dari usaha kopi di Purwakarta yang dikelola oleh Saepudin atau biasa dipanggil Abah Toha.

Sejak tahun 2018 silam Bah Toha mulai menggeluti dan mengupayakan lahan bagi petani kopi di Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta.

Meskipun awalnya bukan peminum kopi Bah Toha mengolah kopi dengan tangannya sendiri, dibantu keluarga hingga menghasilkan produk kopi siap saji.

Bah Toha mengaku memiliki keluhan mual dan nyeri setiap kali meminum kopi, tetapi saat mengolah ia terpaksa meminum kopi. Namun ternyata saat meminum kopi asli ia mengaku tidak mengeluh sakit lagi.

"Da kumaha, maenya teu diasaan. Ngajual nu urang teu diasaan mah, bisi nguciwakeun nu meuli (kopi). Tapi nyaeta (kopi asli) teu matak nyeri ka na lambung," tutur Bah Toha.

Awalnya Bah Toha hanya mengolah secara tradisional dengan peralatan seadanya, seperti halu, jubleg, sangrayan dan kemasan plastik. Kini Bah Toha meningkatkan kecepatan dan kapasitas produkasinya dengan perlatan yang lebih modern.

"Nu penting usaha jalan, pake nu aya," terang Bah Toha singkat.

Kini di Dusun Parakanceuri Bah Toha telah tersedia alat-alat seperti mesin grinder, mesin roasting, mesin pulper, mesin huller, mesin seeler, mesin pencuci biji kopi, mesin gradding dan menggunakan kemasan yang tidak kalah cantik dengan kopi-kopi di pasaran.

Pasar kopi yang dipasok oleh Bah Toha bukan hanya kedai dan peminum kopi, tetapi telah mampu membantu pasokan bahan bagi UMKM lain seperti pengusaha es kopi, coklat kopi dan industri lainnya.

"Nya ku Abah sok ditawaran, nu ngarora, sok gera nyarieun olahan kadaharan nu ngeunah ti na kopi. Ku Abah disiapkeun kopi na," ujar Bah Toha.

Bah Toha dan pengolah kopi lainnya di Pusakamulya seperti Wulan (Kopi NuKarta) dan Enjang Sugianto (Kopi Mang Enjang) kerap mengikuti pameran dan festival kopi di Jawa Barat.

Bah Toha dikenal supel dan mudah bergaul dengan semua kalangan, tanpa memandang usia. Karakter pribadinya tersebut membuatnya memiliki wawasan dan mobilitas tinggi serta tentu saja memudahkannya untuk memasarkan kopi.

Berikut adalah beberapa foto Bah Toha yang berhasil kami himpun:

Bah Toha meng-huller dengan cara tradisional dengan jubleg.


Bah Toha kini meng-huller gabah kopi kering dengan mesin

Bah Toha menunjukan cara kerja mesin grinder kopi kepada pengunjung di rumahnya

Bah Toha kini menggunakan mesin roasting untuk menyangray kopi

Bah Toha di K&B Rostery


Bah Toha menerima kunjungan Dinas UMKM dan Balai Penyuluh Pertanian

Setiap tahun Bah Toha mengikuti Festival Kopi di Gedung Sate, Bandung


Petani kopi di Gunung Burangrang (HPD Pusakamulya) berbagi ilmu mengenai budidaya kopi

Bah Toha dan Petani kopi lainnya berdiskusi di ruangan Kepala Dinas Pertania Purwakarta

Bah Toha melaporkan perkembangan pertanian dan usaha kopi di Desa Pusakamulya kepada Bupati Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika, SE.,
(enjs)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Purwakarta Online | All Right Reserved