-->

Saturday, July 18

SSB Pusaka Muda Purwakarta, kebanggaan masyarakat ditengah keterbatasan fasilitas

SSB Pusaka Muda Purwakarta, kebanggaan masyarakat ditengah keterbatasan fasilitas

PurwakartaOnline.com - Sekolah Sepak Bola (SSB) Pusaka Muda berdiri pada hari Minggu, tanggal 21 agustus 2016, atas inisiatif seorang pemuda bernama Andri Mustopa.

Andri bersama Iyep Mughni Muta'ali (deip) serta irfan afung bersepakat mendirikan SSB yang memiliki tujuan untuk membina karakter anak dan mendidik dasar-dasar bermain sepak bola modern.

Sistem latihan yang bagus

Pada tataran teknis SSB Pusaka Muda mampu menerapkan program latihan yang berjenjang, terukur dan terstruktur secara ilmiah. Meskipun kenyataannya SSB ini masih ditantang dengan segala keterbatasan fasilitas.

Meskipun begitu, SSB Pusaka Muda sempat menjadi juara 1 dalam sebuah event kompetisi sepakbola di Kabupaten Subang. Kemudian mampu menjadi juara 2 dan 3 dalam event di Kabupaten Purwakarta.

Atas kegigihan para pengurus, pelatih dan kepercayaan orang tua siswa, SSB Pusaka Muda menjadi salah satu penyalur talenta sepakbola ke tim Akademi ASAD Purwakarta.

Saat ini SSB Pusaka Muda, dengan tenaga 10 orang pengurus dan pelatih tengah membina sekitar 80 siswa dan 29 diantaranya terdapat pemain sepakbola wanita.

Cara daftar SSB Pusaka Muda

Bagi yang ingin mengikuti sekolah sepak bola di SSB Pusaka Muda, bisa menghubungi Deip di nomor whatsapp berikut 087778959597 (Deip) atau 081808550849 (Coach Andri).

Coach Andri Mustopa

Nanti setiap siswa akan masuk kelas, sesuai usia. Ada 4 kelas, klasifikasi berdasarkan tingkat usia sebagai berikut:

  • Usia 8, 9, 10 dan 11 tahun
  • Usia 12 dan 13
  • Usia 14 dan 15
  • Usia 16 dan 17

Biaya pendapataran saat ini sebesar Rp 280 ribu, dan siswa akan mendapat perlengkapan latihan sebagi berikut:

  • Kaos tim
  • Kaos kaki seragam
  • Bola
  • Stiker SSB Pusaka Muda

Selain biaya pendaftaran juga terdapat iuran bulanan sebesar Rp 10 ribu dan iuran setiap kali latihan Rp 3 ribu.

Sedangkan latihan rutin dilaksanakan setiap hari Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu dan Minggu. Jadwal latihan bisa lebih intensif jika akan menghadapi event kejuaraan.

Seperti dalam waktu dekat ini SSB Pusaka Muda akan mengikuti kejuaraan sepak bola Anniversary Climax di Kabupaten purwakarta. 

Lokasi latihan rutin


Lokasi latihan yang paling sering digunakan untuk latihan adalah lapang sepakbola Cikubang, Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta.

Berikut peta google, lokasi latihan utama SSB Pusaka Muda:



Pendapat orang tua siswa

Adanya SSB Pusaka Muda mendapat respon positif dari masyarakat, terutama tentu saja dari orang tua siswa. Alasan orang tua mendaftarkan anaknya ikut sekolah sepakbola ternyata beragam.

Ada yang mengaku senang karena anaknya mengikuti kegiatan positif, tidak keluyuran main ke mana-mana yang tidak jelas. Kemudian ada yang memang orang tuanya penggemar sepakbola.


Enjang, salah satu orang tua siswa mengaku senang anaknya banyak meggunakan waktunya dalam kegiatan positif seperti sekolah sepakbola, daripada membiarkan anaknya keluyuran dan bergaul sembarangan.

"Setiap anak saya sedang latihan (di SSB) saya merasa tenang. Saat main di luar (rumah) terus terang saya khawatir, takut pergaulan yang aneh-aneh," ujar Enjang.


Orang tua siswa lainnya bernama Sudirman, mengaku senang anaknya ikut SSB karena ia sendiri pemain sekaligus penggemar sepakbola. Dengan begitu ia bukan hanya mendaftarkan anaknya, tetapi juga mencukupi segala fasilitas anaknya untuk berlatih.

"Asal mau (latihannya) saja, saya dukung penuh. Main bola mah badannya sehat, waktu dipakai berlatih seperti ini kan bagus. Repot kalau tidak jadwal latihan, anak saya main HP terus di rumah, kesal saya," ungkap Sudirman antusias. (enjs)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Purwakarta Online | All Right Reserved