-->

Sunday, July 12

Dukung Program Citarum Harum, Anak Tanah Nusantara kampanyekan lingkungan bersih dan sehat

Dukung Program Citarum Harum, Anak Tanah Nusantara kampanyekan lingkungan bersih dan sehat

PurwakartaOnline.com - Aksi kampanye dilaksanakan di Sungai Citarum, yang berlokasi di Desa Cadassari, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta hari ini (Minggu, 12/7/2020).

Kampanye yang sangat patut dicontoh, yakni kampanye dalam rangka mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan agar senantiasa hidup bersih dan sehat.

Adalah komunitas Anak Tanah Nusantara berserta komunitas lainnya secara gotong royong membersihkan aliran sungai Citarum dari sampah-sampah.

Ketua Anak Tanah Nusantara, Tuanku Fitrah Irfan menyebut apa yang tengah dilaksanakan adalah untuk mendukung program pemerintah dalam menjaga kelestarian Daerah Aliran Sungai, atau yang dikenal dengan Program Citarum Harum.

"Dengan kegiatan ini kami harapkan bisa menambah kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Kita harus sadar bahwa ini adalah kepentingan kita bersama saat ini, juga kepentingan anak-cucu kita di masa mendatang," ujar Irfan.

"Ya itu tadi, (caranya) harus tercipta lingkungan yang bersih, yang sehat. Juga untuk mendukung program pemerintah yang kita sebut Citarum Harum. Nah, agar sukses, kita semua harus bergerak, semua elemen masyarakat harus terlibat," lanjut Irfan.

Kegiatan ini mendapat sambutan yang postif dari berbagai pihak, tampak hadir beberapa tokoh dan pejabat setempat diantaranya Kepala Desa Cadassari, Wawan Setiawan,SE.,

Wawan Setiawan mengaku sangat senang dengan keterlibatan masyarakat di Tegalwaru dalam meningkatkan kebersihan dan kesehatan di sekitar aliran sungai ini.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Anak Tanah Nusantara dan sahabat-sahabat yang terlibat dalam kegiatan ini," ucap Wawan.

"Semoga dengan diadakan kegiatan ini, kesadaran masyarakat dalam mengelola kebersihan lingkungan semakin meningkat," harap Wawan.

Kemudian tampak hadir juga Maya mustika Wulansari dari Bank Sampah Mentari Cadassari. Selanjutnya ada Agus Deni atau biasa disapa Om Deden, Bapak Caca dan Om Boton dari Karang Taruna Kecamatan Tegalwaru.

Om Deden dari Karang Taruna Kecamatan Tegalwaru mengungkapkan dukungannya terhadap kegiatan yang diinisiasi oleh Anak Tanah Nusantara tersebut.

"Saya mendukung penuh kegiatan Bang Fitrah bersama Anak Tanah Nusantara. Kampanye lingkungan bersih ini memang sangat-sangat diperlukan saat ini," tegas Om Deden.


Kegiatan positif ini berhasil menjadi magnet bagi komunitas-komunitas yang memang memiliki kepedulian tinggi terhadap isu lingkungan, seperti kehadiran Sinteg (Silaturahmi Insan Tegalwaru) dan Opa Mustopa dari bobotoh Persib Viking Tegalwaru.

Tentu saja acara ini dihadiri pula oleh Satuan Teritorial TNI di desa setempat, yaitu Peltu Ujang Sobandi yang merupakan Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Desa Cadassari, Kecamatan Tegalwaru.


Sementara itu, Pendamping Lokal Desa (PLD) Cadassari, Gian Teja mengaku tidak hanya melihat aspek lingkungan. Lebih jauh Gian merasakan sinergitas unsur masyarakat dalam menjalankan gotong royong.

"Kalau saya ya, melihat bukan hanya membersihkan sungai atau apa. Lebih dari itu, kegiatan sekarang jadi bukti bahwa khazanah gotong royong di desa masih terjaga," ungkap Gian dari Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD).

"Sinergitas antar unsur masyarakat, gotong royong dan kebersamaan dalam mengatasi masalah adalah modal penting pembangunan di desa. Makanya saya berterima kasih sama Om Fitrah atas kegiatan ini," pungkas Gian. (enjs)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Purwakarta Online | All Right Reserved