Wednesday, July 8

Antisipasi covid-19, Desa Galumpit laksanakan koordinasi lintas sektor hingga dirikan Kampung Tohaga

Antisipasi covid-19, Desa Galumpit laksanakan koordinasi lintas sektor hingga dirikan Kampung Tohaga

PurwakartaOnline.com - Dilaksanakan rapat lintas sektor di Kecamatan Tegalwaru. Dilakukan koordinasi antar sektor kemudian dilanjutkan dengan pembentukan Kampung Tohaga di Desa Lama Galumpit, Kecamatan Tegalwaru.

Kegiatan yang memiliki leading sektor di Bidang Kesehatan ini bertujuan sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Tegalwaru.

Rapat yang melibatkan berbagai unsur ini berlangsung pagi tadi (Rabu, 8 Juli 2020), dimulai sekitar jam 10.00 WIB.

Pihak-pihak yang mengikuti rapat diantaranya adalah Polsek Tegalwaru, Babinsa, Kecamatan Tegalwaru, Kepala Desa Galumpit, Perawat dan Bidan Desa, Tenaga PLKB dan Para Kader Posyandu.

Sementara itu Samid Luki Kusaeri dari Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) menyatakan bahwa koordinasi lintas sektor adalah langkah strategis dalam mengatasi masalah covid-19.

"Covid hingga saat ini masih belum selesai, kita tidak boleh lengah. (Covid) masih memakan korban, meskipun bukan di daerah kita," ujar Samid.

"Langkah antisipasi harus tetap dilakukan, jangan sampai menunggu ada korban," lanjut Samid.

"Tanpa keterlibatan semua sektor, mustahil bisa dilakukan dengan baik," tegas Samid.

Samid menyampaikan, sebagian Dana Desa tahun sekarang digunakan untuk penganan covid di desa-desa. Perubahan dari perencanaan dilakukan karena covid termasuk kejadian luar biasa.

"Contohnya saja Dana Desa (DD), meskipun tidak tercantum dalam perencanaan sebagian DD digunakan untuk tangani covid," kata Samid.

Terakhir, Samid berharap dengan adanya Kampung Tohaga, masyarakat bisa lebih kuat dalam mengahadapi segala tantangan yang ada di desa.

"Mudah-mudahan pandemi (covid) segera berakhir. Tapi Kampung Tohaga semoga terus berfungsi, karena sampai kapan pun, dalam bentuk apa pun tantangan untuk warga desa pastinya selalu ada," pungkas Samid. (enjs)


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Purwakarta Online | All Right Reserved