-->

Wednesday, June 10

Hanya Desa Maju yang diberi reward alokasi kinerja

Hanya Desa Maju yang diberi reward alokasi kinerja


Ini sebagai reward, alokasi kinerja itu hanya diberikan untuk Desa yang status IDM-nya Maju. Desa Berkembang dan Tertinggal tidak bisa mengajukan -- Eep Saepul Malik.

PurwakartaOnline.com - Pendamping Desa (P3MD) Kecamatan Wanayasa, Eep Saepul Malik, S.Pd.I., menyampaikan statement mengenai reward bagi desa yang berhak mendapat alokasi kinerja.

Eep menyampaikan dalam kegiatan bimtek input Indeks Desa Membangun (IDM) di Kantor Kecamatan Wanayasa, kemarin (9/6/2020).

Mengenai IDM, Eep menyatakan bahwa seluruh Desa di Indonesia harus memutakhirkan data.

Adapun alasan dilakukannya pemutakhiran data IDM adalah sebagai patokan untuk mengalokasikan dana desa.

"Negara mengeluarkan uang (Dana Desa) supaya adil. Jadi status IDM ini patokan." Terang Eep.

Ada 5 status desa berdasarkan IDM:

1. Sangat tertinggal
2. Tertinggal
3. Berkembang
4. Maju
5. Mandiri

Eep mengulas pemutakhiran data IDM di tahun sebelumnya, dari 15 Desa di Kecamatan Wanayasa terdapat 3 status, yaitu status Tertinggal, Berkembang dan Maju.

"Berdasarkan data (IDM) tahun kemarin (2019), di Kecamatan Wanayasa ini ada tiga. Tertinggal, Berkembang dan Maju. Tidak ada yang (statusnya) Sangat Tertinggal maupun Mandiri," terang Eep.

"(Desa) Ciawi dan Taringgul Tengah itu berstatus Desa Tertinggal. Yang statusnya maju itu (desa) Sukadami, Wanayasa, Wanasari dan Taringgul Tonggoh. Sisanya (berstatus) Desa Berkembang," ujar Eep lebih lanjut.

Ada sebuah reward bagi desa yang memiliki status Desa Maju. Yakni, berhak mengajukan alokasi kinerja.

"Ini sebagai reward, alokasi kinerja itu hanya diberikan untuk Desa yang status IDM-nya Maju. Desa Berkembang dan Tertinggal tidak bisa mengajukan," tegas Eep.

"Ada pun Desa Berkembang mengajukan, hanya jika quota untuk Desa yang (berstatus Maju) sudah terpenuhi. Nunggu sisa," tutur Eep lebih lanjut.

Bimtek IDM ini diikuti oleh para operator dari setiap desa yang hadir ditugaskan oleh Kepala Desa masing-masing. (enjs)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Purwakarta Online | All Right Reserved