-->

Thursday, June 25

Desa Ciawi bagikan bantuan BLT DD kepada warga hari ini

Desa Ciawi bagikan bantuan BLT DD kepada warga hari ini

PurwakartaOnline.com - Pemerintah Desa Ciawi Kecamatan Wanayasa distribusikan bantuan langsung tunai (BLT DD) kepada warga di Aula Kantor Desa Ciawi hari ini (Kamis, 25/6/2020). 

Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa atau biasa disebut BLT DD merupakan bantuan yang berasal dari Dana Desa, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Pandemi covid-19 di berbagai belahan dunia disikapi Pemerintah Indonesia, salah satunya melalui Kementerian Desa, Pembangunan, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT).

Bantuan diberikan kepada warga desa yang terkena dampak dari pandemi corona. Karena dana yang disalurkan juga terbatas, maka tidak semua warga menerima bantuan (BLT DD) ini.

PJ Kepala Desa Ciawi, Dedi Daniswara, SKM., mengungkapkan BLT DD yang disalurkan berdasarkan aturan-aturan yang berlaku yang telah ditetapkan.

"Walaupun tidak semua warga kebagian, Alhamdulillah ternyata DD bisa digunakan, untuk (penanganan) covid," terang Dedi.

"Kami laksanakan bantuan (BLT DD) berdasarkan peraturan," lanjut Dedi.

Dalam proses pemberian bantuan dilakukan dengan memperhatikan prosedur kesehatan di masa pandemi covid-19 dengan menjaga jarak aman.

"Warga yang masuk aula dibatasi, dipanggil bergiliran. Masa (pandemi) corona ini, protokol kesehatan kami perhatikan," kata Dedi.

Diklarifikasi kepada Pendamping Desa di wilayah Kecamatan Wanayasa yaitu Eep Saepul Malik, S.Pd.I., Dana Desa (DD) memang bisa dibuat untuk bantuan langsung kepada warga desa.

"Memang tidak masuk dalan RKPDes (Rencana Kerja Pemerintah Desa), tapi pandemi covid masuk kategori Kejadian Luar Biasa yang memungkinkan DD dipakai untuk penanganan covid, termasuk bantuan langsung," terang Eep.

Dampak pandemi covid-19 telah menghantam sektor ekonomi dan sektor lainnya. Aktivitas sosial dan ekonomi warga desa secara langsung banyak dibatasi.

Bantuan pun datang bukan hanya melalui Dana Desa (DD). Ada juga dari Kementerian Sosial, dari Pemerintah Kabupaten, dari Pemerintah Provinsi dan lainnya. 

Pemerintah Desa Ciawi secara transparan menuangkan beberapa bantuan yang masuk melalui grafik tersebut. 

(enjs)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Purwakarta Online | All Right Reserved