21 April 2020


PurwakartaOnline.com - Lembaga Dakwah Pemuda (LDP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat, membuat program konsultasi agama secara online pada Bulan Ramadan tahun ini.

Ketua LDP KNPI Jabar, H. Nizar Maulana Malik menerangkan, program ini bertujuan untuk membantu umat muslim, khususnya di Jawa Barat, yang membutuhkan tempat konsultasi terkait masalah keagamaan.

"Apalagi saat ini sedang terjadi wabah covid-19," kata Nizar (Selasa, 21/4/2020).

Adanya wabah ini, membuat sejumlah kegiatan keagamaan untuk sementara ditiadakan. Apalagi, beberapa kota di Jawa Barat, sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Sehingga tidak bisa mengadakan kegiatan keagamaan, dengan mengumpulkan massa," katanya.


Adanya konsultasi agama online ini, membuat masyarakat tidak perlu keluar rumah, jika ingin bertanya terkait masalah agama.

Untuk bisa melakukan konsultasi online ini, masyarakat tinggal mengirimkan pertanyaannya melalui Whatsapp, ke nomor masing-masing ustad yang akan menjawab pertanyaan.

"Sudah ada jadwalnya, jadi nanti setiap hari berbeda yang menjawab," kata Nizar.

Secara umum konsultasi agama online ini meliputi tiga pembahasan utama, yakni ubudiyah, muamalat dan munakahat.

Ubudiyah akan menjawab pertanyaan seputar syariat puasa dan berbagai amalan dan keutamaan di bulan Ramadhan, ketentuan-ketentuan dalam ibadah sehari-hari dan beberapa tradisi keislaman di Nusantara.

Mu’amalat meliputi ketentuan-ketentuan seputar zakat, infak dan shodaqoh, pengembangan ekonomi dan hubungan sosial secara umum.

Sementara untuk Munakahat akan memaparkan bimbingan dalam pernikahan, persiapan-persiapannya, juga soal talak dan rujuk, soal pengasuhan anak, hak waris dan bimbingan pembinaan rumah tangga sakinah mawaddah wa rahmah.

Nizar memastikan, bahwa yang akan menjawab pertanyaan dari masyarakat, merupakan orang yang berkompeten dibidang keagamaan.

" Penjawabnya, kami pastikan kompeten dalam bidang agama," ujar Pengasuh salah satu pondok pesantren di Purwakarta ini. (*)

____
Artikel ini telah terbit di JabarNews.com, dengan judul 'KNPI Jabar siapkan program konsultasi agama secara online'.
your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
- -->