Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bedanya Pendemi, Epidemi dan Endemi

Bedanya-Pendemi-Epidemi-Endemi
Pendemi Corona

PurwakartaOnline.com - Istilah ‘Pendemi’ seketika menyeruak akhir-akhir ini, tidak lain adalah karena wabah penyakit akibat virus corona (covid-19). Apalagi setelah dikabarkan di media-media bahwa pendemi corona telah menimbulkan korban jiwa di Indonesia.

Bahkan World Health Organizationa (WHO), organisasi kesehatan dunia dibawah naungan PBB telah menetapkan virus corona sebagai penyakit pandemi pada Kamis (12/3/2020). Jadi apakah yang dimaksud dengan Pendemi? Lalu apa bedanya dengan Epidemi dan Endemi?

Dilansir dari Suara.com (12/3/2020), yang menerangkan tentang perbedaan tiga istillah tersebut. Pandemi sendiri merupakan istilah kesehatan dalam penyebaran penyakit. Dalam ilmu yang mempelajari pola penyebaran suatu penyakti, terdapat beberapa istilah yang berkaitan dengan cara penularan penyakit. Berikut adalah perbedaan ketiga istilah tersebut:

1. Epidemi
Epideni adalah penyebaran penyakit dengan jumlah banyak yg menyerang secara cepat. Contoh penyakit dengan jenis epidemik adalah penyakit chicken pox di Amerika Serikat.

2. Endemi
Endemi adalah penyakit yang menjangkit orang dalam jumlah besar yang terjadi di suatu wilayah atau populasi tertentu. Contoh penyakitnya adalah malaria dan meningitis.

3. Pandemi
Pandemi adalah penyakit yang menyerang orang dalam jumlah banyak dan terjadi di banyak tempat. Lebih singkatnya pandemi adalah epidemi yang tersebar. Contoh penyakit pandemi yang umum kita ketahui adalah HIV/AIDS. Kemudian Pendemi Corona tentunya. (hfz)

Posting Komentar untuk "Bedanya Pendemi, Epidemi dan Endemi"

Berlangganan via Email