Kecamatan Kiarapedes buat gebrakan! Gelar wisata kuliner dan pertunjukan seni setiap minggu

Saturday, February 15

Haji Diaudin dalam acara Peuting Panineungan, Jumat (14/2/2020). Acara pembuka untuk acara mingguan yang bertujuan untuk mempromosikan potensi lokal Desa-desa di Kecamatan Kiarapedes.

PurwakartaOnline.com - Malam ini, Jumat (14/2/2020) Kecamatan Kiarapedes menghelat Pagelaran Seni dengan tajuk Peuting Panineungan.

Acara yang sangat meriah ini merupakan sebuah pembukaan bagi acara Wisata Kuliner dan Pagelaran Seni yang akan dilangsungkan setiap minggu di Alun-alun Kecamatan Kiarapedes.

Dilihat dari banyaknya pengunjung, Pagelaran Seni Peuting Panineungan ini berhasil menarik perhatian masyarakat di Kecamatan Kiarapedes dan sekitarnya.

Ditampilkan banyak stand pameran yang diisi dengan produk khas unggulan masing-masing desa di Kecamatan Kiarapedes.

Begitu juga dengan penampilan seni, terutama seni musik etnik dan tarian tradisional yang diikuti oleh seniman-seniman lokal berbakat asal Kecamatan Kiarapedes.


Penggalian potensi lokal

Dalam sambutannya, Camat Kiarapedes, H. Diaudin, M.Si., mengungkapkan jika gelaran ini merupakan upaya untuk menggali potensi lokal berupa kuliner khas maupun produk UMKM unggulan.

"Kita punya kopi dari (Desa) Pusakamulya, kita punya emping, opak dan produk unggul lainnya. Produk yang ada di sini pastinya memiliki khas tersendiri, beda dengan yang di daerah lain, ini perlu kita munculkan," ungkap Haji Diaudin.

Selain produk unggulan desa, acara ini juga menjadi kesempatan bagi seniman lokal untuk menampilkan kebolehannya.

"Nanti kita saksikan bersama, ikuti sampai tuntas! Ada Leah, Oyag, Tarian dari SMP 2 Kiarapedes, Penari Desa Ciracas, Areng Hawu," ajak Haji Diaudin.


Pengunjung memadati lokasi stan yang menjajakan produk unggulan desa-desa di Kecamatan Kiarapedes.

Digelar setiap minggu

H. Diaudin menyatakan jika Pagelaran Seni dan pameran produk malam ini merupakan 'pembukaan' dari pameran produk lokal yang akan digelar setiap minggu.

"Kita adakan setiap minggu, ada produk lokal. Ada penampilan seninya. Dari kita untuk kita, begitu juga penampilan seni, setiap minggu ada, semuanya kesempatan untuk seniman lokal,"

Dalam kesempatan ini, Camat juga mengumumkan kepada para pengunjung bahwa di bulan Ramadhan yang akan datang, di Alun-alun juga akan dilaksanakan pameran serupa.

"Ngabuburit bulan puasa nanti, kita beli kolek di sini," ajak Haji Diaudin.


Menumbuhkan ekonomi masyarakat

Ternyata bukan hanya sekedar menampilkan produk unggulan dan penampilan seni. Lebih dari itu, ada harapan agar terjadi pertumbuhan ekonomi skala lokal.

Sebagaimana diketahui, warga Kecamatan Kiarapedes banyak melakukan aktivitas ekonomi di Kecamatan Wanayasa, Subang dan Purwakarta.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, perputaran uang bisa terlokalisir. Sehingga dengan sendirinya, akan ada pertumbuhan ekonomi di masyarakat Kiarapedes.

"Uang agar berputar disini (Kiarapedes), tidak ke Wanayasa tidak ke Subang," tegas Haji Diaudin. (enjs)
Next article Next Post
Previous article Previous Post