-->

Wednesday, January 29

MAD Kecamatan Wanayasa 2020, UPK menjadi Unit Usaha BUMDes Bersama.

MAD Kecamatan Wanayasa 2020, UPK menjadi Unit Usaha BUMDes Bersama.

Drs. H. Asep Suparman, MM., dalam MAD di Kecamatan Wanayasa (Rabu, 29/1/2020). UPK menjadi Unit Usaha dari BUMDes Bersama

PurwakartaOnline.com - Lima belas Desa di Kecamatan Wanayasa melaksanakan Musyawarah Antar Desa (MAD) tahun 2020 di Aula Kantor Desa Raharja, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta.

Dilaksanakan hari ini, Rabu, 29 Januari 2020, musyawarah diikuti oleh pihak-pihak terkait. Yakni, Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Usaha Mandiri, Kepala Desa dan Sekretaris Desa, Dinas Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Camat, Pendamping Desa dan Tenaga Ahli dari Program Pembangunan dan Pemberdayaan Desa (P3MD).

Musyawarah ini menghasilkan beberapa kesepakatan dan beberapa kebijakan penting, terutama terkait pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. Salah satunya adalah bergabungnya UPK menjadi unit usaha dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama se-Kecamatan Wanayasa.

Acara menjadi sangat meriah, karena peserta musyawarah mendapatkan berbagai hadiah menarik (doorprize) selama acara berlangsung. Doorprize diundi dalam setiap jeda sesi musyawarah.

Pendamping Desa di Kecamatan Wanayasa, Eep Saepul Malik, S.Pd.I., menyatakan bahwa masuknya UPK sebagai Unit Usaha BUMDes Bersama akan menjadi langkah strategis bagi BUMDes Bersama maupun bagi UPK.

Selama ini UPK telah berjalan dengan baik dan menjadi tumpuan ekonomi masyarakat desa, serta mendukung perkembangan usaha kecil dan menengah. Sedangkan BUMDes adalah program prioritas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT).

"UPK (Usaha Mandiri) di Kecamatan Wanayasa telah menjadi bagian penting bagi perekonomian masyarakat Desa. Sedangkan BUMDes merupakan program prioritas Kemendesa," ujar Eep Saepul Malik kepada Purwakarta Online usai MAD (Wanayasa, 29/1/2020).

"Penyatuan ini saling menguatkan dua lembaga yang penting bagi masyarakat Desa," imbuh Eep Saepul Malik.

Eep Saepul Malik selanjutnya penyatuan UPK dan BUMDes ini sama sekali tidak melanggar peraturan, karena diperkuat dengan Peraturan Bersama Kepala Desa (Permakades) se-Kecamatan Wanayasa.

"Regulasinya jelas, apalagi skala Kecamatan sudah ada Permakades. Tidak ada aturan yang dilanggar," pungkas Eep Saepul Malik. (enjs)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Purwakarta Online | All Right Reserved