-->

Sunday, January 12

Hakan Sukur hanya cetak 1 gol, tapi rekor sepanjang sejarah Piala Dunia

Hakan Sukur hanya cetak 1 gol, tapi rekor sepanjang sejarah Piala Dunia

Hakan Sukur (kiri), striker sekaligus Kapten Timnas Turki cetak gol bersejarah ke gawang Korea Selatan, rekor gol tercepat Piala Dunia yang tak kunjung terpecahkan hingga kini.

PurwakartaOnline.com - Sejarah mencatat rekor gol tercepat di Piala Dunia yang berpuluh tahun lamanya dipegang oleh Vaclav Masek runtuh oleh striker Tim Nasional Turki, Hakan Sukur.

Sebelumnya gol Vaclav Masek pada tanggal 7 Juni 1962, tercatat sebagai gol tercepat di Piala Dunia. 

Rekor itu bertahan sangat lama, tepatnya selama 40 tahun dan 22 hari, sampai Hakan Sukur mencetak gol yang lima detik lebih cepat.

Vaclav Masek mencatat rekor gol tercepat tersebut dalam laga Grup 3 antara Meksiko melawan Cekoslovakia di Estadio Sausalito, Vina del Mar, Chile

Vaclav Masek mencetak gol kilat untuk Cekoslovakia. Dia membobol gawang Meksiko hanya 16 detik setelah kick-off babak pertama.

Hakan Sukur, hanya cetak 1 gol
Waktu itu, Hakan Sukur berusia 30 dan berstatus pemain klub Parma di Serie A Italia. Kapten T Nasional Turki itu ketajamannya mungkin sudah sedikit luntur.

Tetapi dia tetaplah seorang pemain yang pernah tiga musim beruntun meraih gelar Gol Kralı (Goal King) sebagai top scorer Super Lig Turki ketika masih memperkuat Galatasaray (1996/97, 1997/98, 1998/99).

Laga dimulai dengan kick-off oleh Korea Selatan. Dari situ, bola dioper ke belakang. Bola dikuasai kapten Hong Myung-bo di ujung area, tapi dia lengah. 

Sebuah kesalahan fatal. Ilhan Mansiz merebut bola dan kemudian dikuasai Sukur, yang kemudian tanpa ampun menghukum mereka dengan sebuah gol kilat.

Dari kick-off, hanya 11 detik (10,8 detik) waktu yang dibutuhkan oleh Sukur untuk mencetak gol tersebut. Rekor Vaclav Masek yang sudah bertahan selama 40 tahun pun runtuh.

Berikut adalah cuplikan gol cepat Hakan Sukur, di detik ke-11 ke gawang Tuan Rumah Korea Selatan. Di Piala Dunia 2002:


One goal wonder!
Hakan Sukur memang hanya mampu mencetak sebuah gol di Piala Dunia 2002, tetapi ia menjadi pemegang rekor baru untuk gol tercepat sepanjang sejarah Piala Dunia.

Turki akhirnya memenangi laga tersebut 3-2 dan berhak menjadi juara tiga. Itu adalah prestasi yang mengagumkan atas kepemimpinan Hakan Sukur  di lapangan hijau.

Rustu Recber, Alpay Ozalan dan Hasan Sas terpilih masuk All Star Team Piala Dunia 2002. Recber kemudian juga terpilih sebagai Kiper Terbaik di UEFA Team of the Year 2002, sedangkan Senol Gunes jadi Pelatih Terbaik.

Kontribusi Hakan Sukur memang tak sebesar beberapa rekannya yang disebutkan di atas. Dia hanya mencetak satu gol di Piala Dunia 2002. 

Namun satu gol itu sangat istimewa. Satu gol yang diciptakan Raja Gol dari Turki itu, hingga sekarang, merupakan gol tercepat sepanjang sejarah Piala Dunia.

Boleh dibilang, satu gol Hakan Sukur di Piala Dunia 2002 adalah 'One Goal Wonder'. Sebuah gol yang sangat-sangat mengagumkan! 

7 gol tercepat di Piala Dunia:

7). Bernard Lacombe
Piala Dunia 1978 (37 Detik)

6). Emile Veinante
Piala Dunia 1938 (35 Detik)

5). Clint Dempsey
Piala Dunia 2014 (32 Detik)

4). Bryan Robson
Piala Dunia 1982 (27 Detik)

3). Ernst Lehner
Piala Dunia 1934 (26 Detik)

2). Vaclav Masek
Piala Dunia 1962 (16 Detik)

1). Hakan Sukur
Piala Dunia 2002 (11 detik)

(Ars)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Purwakarta Online | All Right Reserved