Syaiful Huda, luncurkan Program 9 Sayap Gerakan Desa. (20/11/2017).

PurwakartaOnline.com - 9 Sayap Gerakan Desa adalah gerakan kolektif yang ada di desa yang melibatkan sumberdaya penting di desa.

Program Sembilan Sayap Gerakan Desa, diluncurkan oleh Staf Khusus Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Syaiful Huda di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada hari Senin, 20 November 2017.

Sebagaimana diungkapkan Syaiful Huda, 9 Sayap Gerakan Desa ini bertujuan untuk menjadikan sebuah desa menjadi Desa Mandiri, dengan cara kolaborasi antara Masyarakat dan Pemerintah Desa.

"Melalui Sembilan Sayap Desa ini kita berharap kolaborasi masyarakat dengan pemerintah desa yang Insya Allah menjadi desa mandiri," ungkap Syaiful Huda kepada wartawan usai peluncuran buku 'Desa Menbangun Indonesia' di Kampus UPI Kota Bandung, sebagaimana dikutip oleh Detiknews, Senin (20/11/2017).

Syaiful Huda juga menuturkan bahwa Desa Mandiri adalah Desa yang indeks pendidikan, indeks kesehatan dan perekonomian masyarakatnya tumbuh masif.

"Dari desa maju ini kemudian menjadi desa mandiri. Artinya ekonomi masyarakat desa sudah tumbuh masif, indeks pendidikan luar biasa dan kesehatan juga sama," ujar Syaiful Huda.

Adapun kesembilan sayap gerakan desa tersebut adalah:
  1. Gerakan Pemuda Desa (Garda Desa)
  2. Ikatan Bidan Desa (IBDA)
  3. Asosiasi Pengelola BUM Desa (APeBDes)
  4. Korps Perempuan Desa Mandiri (KPDM)
  5. Gabungan Petani Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (GAPRUKDes)
  6. Asosiasi Pedagang Pasar Desa (ASPARDes)
  7. Sarekat Saudagar Desa
  8. Lingkar Seni Budaya Desa
  9. Kantor Berita Desa
(enjs)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post