Pendamping Desa Wanayasa lakukan langkah preventif, cegah penyimpangan keuangan BUMDes

Pembinaan BUMDes Mugi Barokah, Desa Cibuntu, Wanayasa Purwakarta (14/11/2019)

PurwakartaOnline.com - Tim Pendamping Desa Kecamatan Wanayasa, Eep Saepul Malik dan Asep Nawawi beserta empat Pendamping Lokal Desa (PLD) laksanakan pembinaan BUMDes di seluruh Desa yang ada di Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta.

"Kita preventif, jangan tunggu ada masalah. Rutin kita lakukan pembinaan seluruh BUMDes (di Kecamatan Wanayasa)," terang Eep Saepul Malik kepada Purwakarta Online, usai mengunjungi BUMDes Mugi Barokah, Desa Cibuntu, Wanayasa (14/11/2019).

Pembinaan dilakukan dengan cara In Service Training (IST), Tim Pendamping Desa kunjungi Kantor BUMDes satu per satu.

Hingga hari Kamis ini (14/11/2019), sudah ada empat BUMDes yang sudah dilakukan pembinaan yaitu BUMDes di Desa Nangerang, Desa Simpang, Desa Nagrog dan Desa Cibuntu.

Dari setiap pembinaan diharapkan dapat terinventarisasi dan teridentifikasi aset BUMDes, Modal bumdes, dan usaha yang sedang dijalankan oleh BUMDes.

"Setiap kendala agar segera terfasilitasi," terang Asep Nawawi, Wanayasa (14/11/2019).

"Pembukuan (administrasi) hingga jalannya usaha (dilakukan pengecekan). Maka seluruh PLD (di Wanayasa) juga ditarik dulu kesini," lanjut Asep Nawawi. 

Akhir tahun pada bulan Desember, pembukuan dan laporan keuangan BUMDes harus selesai. 

Maka dengan dilakukannya pembinaan ini, BUMDes bisa segera mempersiapkan segala kekurangan, baik mengenai administrasi maupun kinerja usahanya. 

"(Bulan) Desember laporan belum selesai kan gawat. Penyelewengan dan masalah-masalah sedini mungkin hindari. Preventif sajalah, kita fasilitasi segera (jika ada masalah)" tukas Asep Nawawi (enjs)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post