-->

Thursday, November 21

Inilah kisah Almarhumah Rukmini. Mantan calon istri Pierre Tendean, korban G30S/PKI

Inilah kisah Almarhumah Rukmini. Mantan calon istri Pierre Tendean, korban G30S/PKI

rukmini-calon-istri-pierre-tendean-g30s-pki-nurindah-chamim-

PurwakartaOnline.com - Beredar di Twitter dan Instagram, foto dan kabar terbaru mengenai Rukmini, orang yang hampir dinikahi oleh Pierre Tendean, salah satu Pahlawan Revolusi.

Rencana pernikahan mereka kandas karena Gerakan G30S pada tahun 1965, yang menewaskan Pierre Tendean.

Sebuah akun instagram @pierresangpatriot menerangkan kisah percintaan Pierre dan Rukmini sebagai berikut:

Rr. M. CH. A. Nurindah Rukmini Chamim, pujaan hati Pierre Tendean, telah wafat pada usia 72 tahun di Klaten, Jawa Tengah pada 27 juli 2019 pukul 08.30 WIB.

Almarhumah dibaringkan berdekatan dengan makam ayah dan ibunya di Pemakaman Kuncen, Yogyakarta. Almarhumah meninggalkan 2 orang anak, dan 5 orang cucu.

"Semoga beliau husnul khatimah dan arwahnya diterima di tempat yang paling layak di sisi-Nya, Aamiin,"


pierre-tendean-foto-muda
Foto Pierre Tendean

Awal perkenalan Pierre dan Rukmini 

Pierre dan Rukmini berkenalan melalui dua sahabat baik Pierre sesama Dan Ton Yonzipur 1/DAM 2 Bukit Barisan, Medan, Satrijo Wibowo dan Setijono Hadi.

Pierre gerah didesak terus menerus oleh keduanya untuk bertemu gadis yang lebih akrab dipanggil Mimin tersebut.

Justru setelah mengenal sosok Mimin, figur gadis yang masih duduk di bangku SMA pada tahun 1963 ini sangat mencuri perhatian sang perwira muda.

Sehingga pada kunjungan-kunjungan berikutnya Pierre memutuskan tidak dikawal lagi oleh dua orang temannya.

Belum lama bersama, Pierre harus meninggalkan puteri sulung Bapak Raden Chamim Rijo Siswopranoto itu, ditugaskan sebagai intelijen dalam rangka Dwikora di perbatasan Kepulauan Riau.

Mereka menjalani hubungan jarak jauh (LDR). Kadang Pierre curhat pada rekan letingnya yang sesama intel, bahwa ia rindu Rukmini.

Sampai-sampai Pierre diledeki untuk merekam suaranya saja dikirim ke pujaan hati yang lemah lembut, perfeksionis, lincah dan piawai memasak tersebut.

"Pierre menyempatkan hadir di pesta ulang tahun ke-17 Mimin, pada tanggal 9 September 1964. Memasuki tahun 1965, hubungan keduanya semakin serius,"

Saat keluarga besar Chamim sedang liburan ke Yogyakarta, Mimin diboyong ke Semarang oleh Pierre untuk diperkenalkan kepada kedua orangtuanya & saudara-saudaranya Roos dan Mitzi.

Sebelumnya Pierre telah menulis surat kepada Mitzi, bahwa ia sudah menemukan jodohnya.

Sesaat sebelum dipindahkan ke Jakarta April 1965, mengemban amanat baru sebagai ajudan MenkoHankam Jenderal A.H. Nasution, Pierre mengakui kepada sahabat R.F. Soeseno bahwa ia telah mengikat Rukmini.

Cinta kandas di peristiwa G30S tahun 1965

Percintaan Pierre Tendean dan Rukmini memang tidak mudah. Terpaksa menjalin Long Distance Relationship (LDR), kemudian berbeda agama pula.

Rencana pernikahan yang disepakati pada Bulan November 1965 itu pun akhirnya kandas. Peristiwa G30S/PKI menggugurkan para Pahlawan Revolusi dan Pierre Tendean adalah salah satunya. (Sol)

Sumber: Twitter @mazzini_giusepe, Instagram @pierresangpatriot

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Purwakarta Online | All Right Reserved