Cara-sukses-bangun-usaha-kreatif
Usaha kreatif Indonesia
PurwakartaOnline.comUsaha kreatif adalah bisnis yang memanfaatkan kreativitas, bakat individu, keterampilan dan cenderung menggunakan teknologi informasi dalam praktiknya.

Banyak bermunculan usaha kreatif dalam satu dasawarsa terakhir, beberapa sangat fenomenal.

Sebut saja Bukalapak, Gojek, e-Fishery, Never Too Lavish, NAM Watch, Tees.co.id, Crowde.co, Tanijoy.id, Burgreens dan banyak lagi lainnya.

Mari kita bahas beberapa diantaranya, sangat mungkin kamu akan terinspirasi dan mendapat ide original sendiri yang bisa kamu kerjakan.

Gojek
Saat saya tanya kawan-kawan saya, apa yang terpikir saat mendengar kata OJEK? Banyak yang jawab Ojek Online (Ojol), lalu Gojek, Grab, Go-food dan warna hijau.

Padahal jika 10 tahun lalu saya beri pertanyaan yang sama tentu jawabannya akan berbeda.

Ojek identik dengan pertigaan, pangkalan ojek, tukang ojek, jaket kulit dan (maaf) bau badan. Itu hasil obrolan saya dengan beberapa ibu-ibu pengguna jasa ojek sejak jaman dulu hingga kini jaman Ojol.

Nadine Makarim melihat peluang usaha kreatif dengan melihat permasalahan yang ada di kota-kota besar yang ada di Indonesia, yaitu macet.

Dengan banyaknya kemacetan, menggunakan sepeda motor menjadi lebih efektif untuk bepergian di dalam kota. Itulah ide awal dari usaha kreatif Gojek.

Nadine Makariem membuat aplikasi yang bisa diunduh baik dengan Google Play maupun Apple Store. Pertama kali diluncurkan ke Publik tahun 2010 silam.

Saat ini, Gojek sudah merambah lebih dari 50 kota di Indonesia, bahkan beberapa negara Asean sudah menjadi ‘korban’ ekspansi perusahaan karya anak bangsa ini.

Sebut saja Vietnam, Thailand dan Singapura, negara-negara tersebut sudah diekspansi oleh Gojek.

Core Bisnis Gojek
Inti usaha kreatif Gojek itu sangat sederhana, yaitu menghubungkan tukang ojek dengan calon penumpang.

Sebagai pengguna ojek, saat itu Nadine Makarim sering merasa kesulitan saat harus mencari ojek.

Di sisi lain, Nadine juga kerap melihat tukang ojek banyak menghabiskan waktu menunggu penumpang di pangkalan.

Maka, Gojek ini merupakan solusi beberapa hal, diantaranya:

  • Membantu tukang ojek mendapatkan penumpang
  • Membantu calon penumpang mendapatkan ojek dengan segera, dari lokasi mana pun
  • Membantu penumpang menghindari kemacetan

Belakangan layanan Gojek semakin bertambah, diantaranya yaitu Go-Ride, Go-Food, Go-Pay, Go-Car, Go-Clean, Go-Bluebird, Go-Laundry.

Pelayanan bukan hanya antar-jemput penumpang, tapi sudah merambah ke bidang lainnya. Urusan makanan hingga urusan pakaian.

Crowde
Usaha kreatif selanjutnya adalah Crowde, flatform agropreneur karya anak Bangsa Indonesia, yang kini medapatkan banyak penghargaan.

Ide awalnya hanya sebuah pertanyaan, mengapa petani Indonesia mayoritas tidak sejahtera?

Ternyata alasan paling signifikan ada pada luasan lahan, rantai pasar dan ketersediaan modal.

Crowde hadir untuk menjadi solusi atas semua permasalahan tersebut. Dengan cara menghimpun dana dari masyarakat, Crowde menyalurkan dana yeng terkumpul tersebut kepada petani yang membutuhkan.

Crowde sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kemudian terverifikasi dan anggota dari Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia (AFPI).

Bukalapak
Achmad Zaky, CEO Bukalapak awalnya cuma orang biasa yang hobi ngutak-ngatik program, khususnya software.

Kini Achmad Zaky menjadi salah satu legenda hidup, panutan pelaku Usaha Kreatif, terutama bagi pendatang baru atau yang baru mau memulai usaha.

Zaky masuk kuliah di program informatika Institut Teknologi Bandung (ITB). Banyak sebetulnya karya kreatif yang dibuat oleh Zaky, tapi Bukalapak.com menjadi satu yang paling sukses.

Awalnya Zaky hanya berniat membantu tetangga untuk memasarkan produk-produk yang ada di desanya.

Dulu saat awal berdiri Bukalapak kesulitan mendapat suntikan modal, kerap dipandang sebelah mata oleh calon pemodal maupun pedagang.

Dengan kerja keras dan waktu yang tidak singkat, kini Bukalapak menjadi salah satu usaha kreatif terbaik di Indonesia.

Ya, itulah usaha kreatif Indonesia. Kebanyakan ide mereka sangat sederhana namun kombinasi antara ketekunan, kreativitas dan keinginan membantu sesama merupakan benang merah diantara mereka (enjs)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post
#BabakanCikao (16) #Bojong (37) #Bungursari (21) #Campaka (16) #Cibatu (19) #Darangdan (19) #DPRDPurwakarta (2) #DPRRI (1) #GakPenting (6) #Janda (1) #Jatiluhur (20) #Karawang (1) #Kiarapedes (110) #Limbah (1) #Maniis (9) #Nikah (3) #Pasawahan (28) #Persib (6) #Plered (28) #Pondoksalam (33) #Prostitusi (1) #Purwakarta (139) #Sex (12) #SiKijing (14) #Sukasari (17) #Sukatani (18) #Sungai (1) #Tegalwaru (13) #Wanayasa (106) Agriculture (131) Cantik (38) Cinta (3) Desa (151) Dunia (44) Education (98) Entrepreneur (1) event (3) Family (42) Film (2) Flash (14) Gosip (9) Health (74) History (26) Jabar (64) Kartun (1) Kriminal (20) Lucu Nying! (16) Medsos (4) Militer (3) Musik (1) Nakal (1) Nasional (32) News (57) Opini (1) Otomotif (2) peristiwa (8) Poligami (1) Politik (35) Radikalisme (1) Ragam (98) Religi (28) Sastra (14) Show (39) Skandal (2) Sports (36) Teknologi (21) Tokoh (59) Traveling (45) Trending (2) Tutorial (25) UKM (2) Ulas Produk (8) Video (3) Warta Warga (3) Wow! (107)