-->

Thursday, October 24

Roadshow KTNA Purwakarta final. Aspirasi petani di 17 kecamatan direkap untuk ditindak-lanjuti

Roadshow KTNA Purwakarta final. Aspirasi petani di 17 kecamatan direkap untuk ditindak-lanjuti



PurwakartaOnline.com - Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Purwakarta, hari ini menggelar Roadshow di Kecamatan Bungursari (24/10/2019).

Bungursari jadi kecamatan terakhir rangkaian Roadshow KTNA Kabupaten Purwakarta, aspirasi petani dari 17 Kecamatan akan segera direkap dan ditindak-lanjuti (24/10/2019)

Roadshow ini merupakan roadshow ke-17 di tahun 2019 ini. Sekaligus sebagai penutup rangkaian roadshow di 17 Kecamatan yang ada di Purwakarta.

Kecamatan Maniis menjadi Kecamatan pertama digelarnya Roadshow KTNA Kabupaten Purwakarta.


Roadshow KTNA jadi ajang silaturahmi petani
Dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan), pengurus KTNA seluruh Kecamatan, Kepala Penyuluh Kabupaten Purwakarta dan Pengurus Gapoktan seluruh Bungursari.

“Jangan sampai pengurus KTNA Kabupaten dan Kecamatan tidak dikenali oleh Dinas Pertanian (Dispangtan). Petani dengan bidang berbeda bertemu, dengan pemasar, stakeholder berkumpul di sini (roadshow KTNA),” ujar H. Ujang Alim Adisaputra, S.Hut., Ketua KTNA Kabupaten Purwakarta.

Setiap Kecamatan memiliki potensi dan kendalanya masing-masing.


KTNA diharapkan bisa memediasi segala kebutuhan dan permasalahan pertanian.

"Namanya juga kontak, KTNA ini media untuk bertukar pikiran. Potensi tiap kecamatan berbeda, bisa kita saling menyokong", lanjut H. Ujang Alim kepada Purwakarta Online, usai acara Rodshow (24/10/2019).


Alih fungsi lahan pertanian jadi perhatian
Di beberapa kecamatan, alih fungsi lahan pertanian mulai mendapat sorotan.

Lahan pertanian beralih fungsi menjadi daerah industri yang tidak lama kemudian disusul alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman.

“Seperti terjadi kan, di (Kecamatan) Bungursari, Campaka, Cibatu, lahan sawah itu jadi industri. Seiring kebutuhan pemukiman, lalu sawah juga diubah lagi jadi pemukiman,” H. Ujang menjelaskan.

"Banyak, banyak sekali permasalahan, stakeholder (harus) duduk bersama. (Roadshow KTNA) 17 kecamatan, ini (Bungursari terakhir), segera kita rekap. Aspirasi ini akan kita tindak lanjuti”, tukas Haji Ujang. (haf)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Purwakarta Online | All Right Reserved