Kegiatan di Posyandu Desa Depok jadi lebih meriah dengan adanya Sponsor. Ada materi stunting juga ada!

PurwakartaOnline.com - Kegiatan di Posyandu Desa Depok, Kecamatan Darangdan, Purwakarta hari ini (Selasa, 1/10/2019), berbeda dari biasanya. Suasana jadi sangat meriah dengan dominasi warna merah.
plered-penanganan-stunting-purwakarta
Kegiatan Posyandu di Desa Depok jadi meriah. Karena adanya sponsor dan tambahan materi stunting.
Kegiatan di Posyandu kali ini dimeriahkan dengan hadirnya sponsor dari Produsen Susu Formula SGM.

Dalam acara ini dilaksanakan beberapa kegiatan di Posyandu seperti umumnya posyandu seperti penimbangan, pengecekan kesehatan ibu dan balita, serta pemberian makanan tambahan bagi balita.

Pencegahan Stunting
Selain kegiatan diatas, dilaksanakan juga kegiatan pencegahan Stunting, sesuai dengan program yang sedang digencarkan pemerintah saat ini.

Stunting menjadi agenda Pemerintah pusat hingga daerah. Bahkan pemerintah desa saat ini menjadi ujung tombak upaya penanganan stunting ini.

Karena di setiap desa memiliki sumberdaya yang memungkinkan Program pencegahan Stunting ini bisa berjalan. Yaitu adanya Bidan desa dan kader.

Seperti yang beberapa hari lalu di Kecamatan Wanayasa laksanakan. Stakeholder bermusyawarah dan menemukan kesepakatan untuk menjalankan program Penanganan Stunting bernama-sama.

Adanya Sponsor, sangat membantu
Diutarakan Siti Diani, selaku sekretaris Desa Depok, "Kami merasa terbantu dengan hadirnya tim dari SGM ini, kami terbantu bahwa dari kegiatan ini masyarakat mulai terbuka wawasannya akan pentingnya perhatian pada Stunting ,semoga kedepan bisa ada lagi program lain seperti ini".

Sementara itu, Ikbal, salah satu balita yang sesang ikut penimbangan di Posyandu, kebetulan juga sedang berulangtahun. Mendapatkan hadiah spesial dari SGM.

"Seneng sih pak, dapat ilmu tentang stunting juga dapet hadiah dari SGM, buat anak saya. Hari ini ulang tahun", Dian, sang ibu mengungkapkan.

Harapan Kepala Desa Depok
Ditemui di tempat terpisah, Kholik, Kepala Desa Depok menyatakan kegembiraannya atas kegiatan di Posyandu berjalan lancar.

Kemudian dengan adanya dukungan dari pihak sponsor, diharapkan kedepan kegiatan tersebut bisa menjadi rutinitas.

Sehingga meningkatkan animo masyarakat terhadap pengetahuan tentang kesehatan terutama mengenai stunting yang sedang menjadi isu nasional.

Roni, Pendamping Lokal Desa (PLD) setempat menyatakan, penanganan stunting tidak hanya tanggung jawab sektor kesehatan. Desa yang saat ini menerima Dana Desa setiap tahun wajib melaksanakan  penanganan stunting di desanya masing-masing, sebagai syarat pencairan dana desa.

"Penting pemerintah desa menangani stunting. Jika tidak ada kegiatan penanganan stunting di desanya, maka dana desa tidak bisa dicairkan di periode tahun selanjutnya", jelas Roni.


Kontributor: Mulyawandi
Editor: Sastrajaya M.

Tag: #Darangdan, Desa, Health, Family

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post