Kades Taringgul Tonggoh: Amanat Undang-undang pembangunan transparan sejak perencanaan

Kepala Desa Taringgul Tonggoh, Agus Suryana (kedua dari kiri), dalam Musdes Taringgul Tonggoh, Wanayasa, Purwakarta (31/10/2019).
PurwakartaOnline.com - Kepala Desa Taringgul Tonggoh, Kecamatan Wanayasa, Agus Suryana, menyampaikan sambutan selaku fasilitator dalam Musyawarah Desa Taringgul Tonggoh, Kamis (31/10/2019).


Agus Suryana menyatakan, Pemerintahan Desa Taringgul Tonggoh mengedepankan transparansi dalam menjalankan pembangunan sesuai dengan amanat dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014, tentang Desa.


"Musdus (Musyawarah Dusun) parantos beres. Ayeuna Musdes (Musyawarah Desa), dihadiri oleh sadaya na (Unsur Masyarakat), ini sesuai amanat Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014," terang Agus Suryana di hadapan peserta Musyawarah di Aula Kantor Desa Taringgul Tonggoh, Wanayasa, Purwakarta (31/10/2019).


Sedangkan alokasi penggunaan Dana Desa (DD), dipastikan akan menurun untuk pembangunan infrastruktur fisik. Kemudian diperbesar alokasi untuk pemberdayaan Masyarakat Desa.


"Sesuai arahan dari pusat, pemberdayaan diperbesar. Sedangkan (infrastruktur) fisik dikurangi, mungkin hingga 25% saja," lanjut Agus Suryana.


Pengelolaan Sampah Masuk Bumdes
Dalam kesempatan Musyawarah Desa ini, Kepala Desa juga sempat menyinggung Pengelolaan Sampah secara swadaya oleh warga Desa Taringgul Tonggoh.


Menurut Agus Suryana, pengelolaan sampah yang telah berjalan baik dan sangat bermanfaat bagi masyarakat diusulkan untuk masuk ke dalam Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), agar pengelolaannya memiliki kekuatan lebih dalam Pemerintahan Desa.


"Pengelolaan sampah secara swadaya, sudah berjalan dengan bagus. Sebaiknya masuk Bumdes, agar lebih leluasa dalam pengelolaan kelembagaannya", tukas Agus Suryana. (enjs)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post