PurwakartaOnline.com - Dusun 1 Desa Taringgul Tengah, Kecamatan Wanayasa mengadakan Musyawarah Dusun (Musdus) malam ini (14/9/2019). Menelurkan poin prioritas di bidang pemberdayaan masyarakat, berupa pengoptimalan Sarana Air Bersih dan pengelolaan sampah terpadu.
desa-taringgul-tengah
Musyawarah Dusun 1, Desa Taringgul Tengah
Musyawarah Dusun ini dilaksanakan di sebuah ruangan di Pondok Pesantren Riyadulmutafakkiroh, Kampung Cikadu RT. 4 RW. 2, Dusun 1 Desa Taringgul Tengah, kecamatan Wanayasa.

Musyawarah dipimpin oleh Ketua Bamusdes, dihadiri aparat desa yang berdomisili di Dusun 1, serta para tokoh dari unsur-unsur masyarakat. Turut mendampingi proses musyawarah dari P3MD, Asep Nawawi (Pendamping Desa/PD) serta Enjang Sugianto (Pendamping Lokal Desa/PLD).

Setiap Ketua RT hadir membawa pengajuannya masing-masing. Setiap ajuan dibahas dalam forum dan diberi kesempatan untuk mempresentasikan ajuannya tersebut. Kemudian setiap pengajuan dibahas bersama-sama.

Anggota Karang Taruna membahas tentang pembangunan sarana olahraga, berupa lapang sepakbola desa yang ditahun sebelumnya sempat diajukan untuk dibangun menggunakan Dana Desa (DD). 

Tapi sayangnya pembangunan dengan DD dibatalkan akibat status lahan yang bukan merupakan milik pemerintah desa.
Pembahasan mulai mengerucut kepada wilayah pembangunan yang berorientasi pada fasilitas dasar seperti pengoptimalan SAB dan pengelolaan sampah yang sebenarnya telah baik berjalan, namun memerlukan penambahan kapasitas yang tentunya berdampak pula pada bertambahnya anggaran yang diperlukan.

Musdus yang patut dicontoh
Asep Nawawi, Pendamping Desa di Kecamatan Wanayasa mengapresiasi musyawarah di Dusun 1 Desa Taringgul Tengah. Menurutnya, musyawarah seperti ini sangat penting dilakukan oleh semua dusun, sebelum dilaksanakannya Musyawarah Desa (Desa).

"Sebelum Musdes, Musdus seperti ini sangat penting dilaksanakan. Semua unsur berdiskusi dalam satu forum, saling memberi pemahaman. Kami (pendamping desa) salut dengan berjalannya diskusi ini, sangat partisipatif!", Terang Asep Nawawi.

"Awal diskusi tadi, masih terasa ego masing-masing ajuan. Selanjutnya setelah kita bahas bersama, mulai terkristal apa yang sebenarnya yang paling urgent, inilah musyawarah yang berkualitas. Nanti di Musdes kita sudah bisa satu pemahaman", Asep Nawawi menambahkan.

Mengenai pengoptimalan SAB, Muhsin, Kepala Dusun 1 Taringgul Tengah menyatakan bahwa sebenarnya sudah ada Embung air yang beberapa tahun sebelumnya telah dibangun sebelum adanya Dana Desa.

Hanya saja perlu dilakukan pemindahan lokasi pemandian umum, dari atas embung ke samping embung. Agar air embung tidak dicemari limbah pemandian umum sehingga airnya tetap bersih dan bisa dipompa naik ke pemukiman.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post
#BabakanCikao (16) #Bojong (37) #Bungursari (21) #Campaka (16) #Cibatu (19) #Darangdan (19) #DPRDPurwakarta (2) #DPRRI (1) #GakPenting (5) #Janda (1) #Jatiluhur (20) #Karawang (1) #Kiarapedes (108) #Limbah (1) #Maniis (9) #Nikah (3) #Pasawahan (27) #Persib (6) #Plered (28) #Pondoksalam (33) #Prostitusi (1) #Purwakarta (137) #Sex (12) #SiKijing (14) #Sukasari (17) #Sukatani (18) #Sungai (1) #Tegalwaru (13) #Wanayasa (104) Agriculture (129) Cantik (38) Cinta (2) Desa (149) Dunia (44) Education (98) event (1) Family (41) Film (1) Flash (11) Gosip (9) Health (72) History (25) Jabar (63) Kartun (1) Kriminal (20) Lucu Nying! (16) Medsos (2) Militer (3) Musik (1) Nakal (1) Nasional (29) News (57) Opini (1) Otomotif (2) peristiwa (7) Poligami (1) Politik (33) Radikalisme (1) Ragam (97) Religi (25) Sastra (14) Show (39) Skandal (2) Sports (35) Teknologi (21) Tokoh (58) Traveling (45) Trending (2) Tutorial (25) UKM (2) Ulas Produk (8) Video (3) Warta Warga (2) Wow! (107)