PurwakartaOnline.com – Menurut sebuah blog tentang kopi yang bernama ‘Jenis Kopi Dunia’, Robusta adalah jenis kopi yang memiliki kadar kafein yang paling tinggi, yaitu mencapai 2,2%.
Sedangkan Kopi arabika hanya 1,2%, begitu juga dengan kopi liberika, kopi yang paling langka ini ternyata dipercaya memiliki kadar kafein yang sama dengan arabika bahkan lebih rendah lagi. Dilansir dari kopimat.com (6/2018).

Kopi Liberika Purwakarta, sedang diroasting.
Di sisi lain, kopimat juga mengingatkan bahwa kopi liberika juga memiliki tingkat keasaman yang lumayan tinggi. Walaupun citarasa kopi liberika memiliki keunikannya sendiri, dengan aroma nangka atau cempedaknya, yang tentu tidak bisa kita temukan dalam kopi arabika maupun robusta, tetapi kita harus bijak juga dalam mengkonsumsinya.

Liberika adalah Kopi Langka
Tentu tidak asing dengan pernyataan dalam perbincangan para pecinta kopi, bahwa untuk bisa menikmati kopi liberika kita harus memesan dulu secara khusus, karena kopi liberika memang langka.

Rendahnya produktivitas pohon kopi liberika, disertai dengan pengolahan pasca panen yang paling sulit pula dibanding arabika dan robusta, ditambah lagi dengan tingkat penyusutannya yang paling parah setalah dikeringkan, menjadikan kopi liberika paling pantas mendapat gelar sebagai ‘kopi yang paling tidak ekonomis’ untuk dikembangkan.

Namun untuk pecinta kopi di Purwakarta tidak perlu khawatir. Petani kopi eksperimental dari Kiarapedes yang bernama Enjang Sugianto, telah berhasil mengolah kopi arabika dengan beberapa macam proses.

Sehingga untuk memanjakan lidah dengan kopi langka nan eksotis ini tidak perlu jauh-jauh, Enjang bisa dihubungi melalui teloponnya di 081909370109. Atau bisa juga datang ke K&B, hanya saja stoknya sangat terbatas.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post