PurwakartaOnline.com - Ditemui di Rumah Dinasnya Drs. H. Diaudin, M.Si., Camat Kiarapedes, Purwakarta, menyatakan dukungan terhadap petani di Desa Pusakamulya yang kini menggarap lahan di Gunung Burangrang, dengan beberapa catatan (Minggu, 25/8/2018).


Beberapa catatan kepada petani penggarap juga kepada Perum Perhutani disampaikan H. Diaudin agar terjadi kerjasama yang saling menguntungkan.

"Saya menitipkan agar saling menguntungkan antara (Perum) Perhutani dengan masyarakat", ujar H. Diaudin kepada Purwakarta Online.

Dikarenakan Gunung Burangrang berstatus Hutan Lindung, maka petani penggarap tidak bisa menebang pohon yang sudah ada. Sebaliknya adanya petani penggarap akan membuat hutan semakin lestari.

Apalagi dalam skema yang diajukan oleh petani di Desa Pusakamulya ini adalah skema Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan  Kehutanan (Kulin KK). Maka petani hanya bisa menanam pohon-pohon tertentu yang diizinkan dan tidak akan menebangnya.

"Dengan hutan terjaga, diharapkan mata air akan terjaga", tambahnya.

H. Diaudin menyampaikan pesannya kepada seluruh warga agar menjaga dan merawat mata air yang ada. Sehingga warga Kiarapedes senantiasa terhindar dari bencana kekurangan air.


"Wariskanlah mata air, jangan sampai mewariskan 'air mata' kepada anak-cucu kita", ungkap H. Diaudin menutup obrolan dengan sebuah pesan penting bagi masyarakat Kecamatan Kiarapedes.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post