PurwakartaOnline.com - Gerakan masyarakat Sunda atau Gema Sunda Kabupaten Purwakarta mencoba mengaplikasikan Budaya, menyayangi alam dan lingkungan melalui Kegiatan Pembersihan atau pemungutan sampah-sampah plastik di badan sungai Ciherang yang akan dilaksanakan hari Sabtu, 7 September 2019.
Setelah pelantikan DPC Gema Sunda Kecamatan Pondoksalam, langsung direncanakan kegiatan ‘Walungan Kaheman’, yaitu kegiatan membersihkan sampah yang ada di sungai Ciherang.

Berdasarkan keterangan Deni Setiadi, Ketua DPC Gema Sunda Pondoksalam, kegiatan ‘Walungan Kaheman’ merupakan kegiatan yang digagas oleh Dasep Abay, Ketua Harian DPD Gema Sunda Kabuapten Purwakarta. Pihak DPD sedang mengusahakan pengadaan kostum agar kegiatan ‘Walungan Kaheman’.

”Kami agendakan kegiatan tersebut sebagai wujud syukur untuk menyambut Tahun baru Islam 1441 H, dalam hal ini Generasi Muda Gemasunda harus benar-benar bisa mengaplikasikan falsafah-falsafah Sunda sebagaimana orang tua kita terdahulu selalu aktif bergotong royong terutama menjaga mata air dan badan air sehingga tetap bersih dan nyaman“. Tutur Dasep Abay.

Saat melakukan koordinasi dengan Camat Pondoksalam, Dasep Abay dan Dedih Suhardian (Pengurus DPD Gema Sunda) merasa lega, pasalnya Heru, Camat Pondoksalam merespon baik kegiatan ‘Walungan Kaheman’ ini. Bahkan Camat Pondoksalam akan segera berkoordinasi dengan Muspika dan Pemda, serta pihak terkait lainnya agar terlibat dalam kegiatan positif tersebut.

”Kami sangat mendukung dan siap turun bersama pemerintah kecamatan dan pemerintah Desa setempat karena memang salah satu program kecamatan untuk tetap merawat lingkungan sesuai instruksi Bupati Purwakarta “, ujar Heru camat Pondoksalam setelah mengadakan pertemuan dengan pengurus DPD gema Sunda Purwakarta. (DK)
your advertise here

This post have 0 comments

Next article Next Post
Previous article Previous Post