PurwakartaOnline.com - Purwakarta memang beda, Purwakarta memang Istimewa. Lain daripada yang lain, Kabupaten Purwakarta berhasil mencuri perhatian Nasional dalam datu dekade terakhir.

Anne Ratna Mustika, SE., (kiri), hadiri Festival Liwet Purwakarta (16/8/2019)
Senantiasa penuh kreatifitas, Purwakarta telah berhasil mengangkat tema budaya dan kearifan lokal, yang tentunya sangat sulit untuk ditiru oleh kabupaten lain. Begitu juga di tahun 2019 ini, Purwakarta mengadakan berbagai event kreatif, satu diantaranya adalah Festival Liwet.

Liwet merupakan salah satu makanan khas Nusantara, terutama di Pulau Jawa. Liwet meskipun telah membudaya di masyarakat namun kenyataannya belum signifikan untuk dipromosikan sebagai bagian dari kekayaan khazanah bangsa kita.

"Festival liwet ini diadakan dalam rangka Milangkala Hari Jadi Purwakarta ke-188, sekaligus Hari Jadi Kabupaten (Purwakarta) ke-51. Serta tentunya untuk memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia", Ir. H. Agus Rachlan Suherlan, MM., Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kabupaten Purwakarta menerangkan kepada Purwakarta Online.

Berdasarkan keterangan H. Agus Suherlan, Festival Liwet ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya sebagai berikut:
  • Mempromosikaan kualitas beras hasil produksi petani purwakarta
  • Mengembangkan dan melestarikan budaya potensi lokal
  • Meningkatkan ketahanan pangan rumah tangga melalui pemanfaatan pekarangan rumah
    Mengembangkan  destinasi  wisata kuliner terutama di bidang pertanian
  • Melestarikan budaya menanak nasi dengan cara tradisional yang mudah dan murah

Festival diikuti oleh 47 peserta yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta. Dewan juri dari Tim penggerak PKK, Ahli Gizi dan Ahli Tataboga profesional.
your advertise here

This post have 0 comments

Next article Next Post
Previous article Previous Post