-->

Thursday, August 15

Enjang Sugianto kaget dirinya didaulat jadi Ketua KTNA Kecamatan Kiarapedes periode 2019-2024

Enjang Sugianto kaget dirinya didaulat jadi Ketua KTNA Kecamatan Kiarapedes periode 2019-2024


PurwakartaOnline.com – Enjang Sugianto, mantan Ketua Kelompok Tani Barong Mulya (Barmoel), mengaku kaget didaulat menjadi Ketua KTNA Kecamatan Kiarapedes, untuk periode 2019 hingga 2024. 

Pemilihan dilaksanakan di Balai Penyuluh Penertanian (BPP) Kiarapedes, saat pelaksanaan Roadshow KTNA Kabupaten Purwakarta, Kamis pagi tadi (15/8/2019).

ktna-purwakarta-enjang-sugianto-petani
Enjang Sugianto, mengaku kaget didaulat jadi Ketua KTNA Kecamatan Kiarapedes melalui musyawarah.

Mekanisme pemilihan dilaksanakan dengan cara musyawarah tanpa voting. Peserta musyawarah terdiri dari petani dan pengurus Gapoktan yang ada di Kecamatan Kiarapedes. 

Hadir dalam acara tersebut Ir. H. Agus Rachlan Suherlan, MM., Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kabupaten Purwakarta, Muhsin Junaedi, S.Pd., Anggota DPRD Purwakarta yang baru saja dilantik, serta para pengurus KTNA Kabupaten Purwakarta.

“Saya baru saja menjalani operasi bedah, masih dalam masa istirahat, tidak sempat ikut mempersiapkan acara Roadshow ini, tidak tahu ada agenda pemilihan KTNA Kecamatan. Memaksakan diri hadir, kangen teman-teman petani se-Kiarapedes, lama gak kumpul setelah tidak jadi pengurus Barmoel. Kaget juga!”, ungkap Enjang.

Pemilihan Pengurus dilakukan dengan cara memilih Ketua KTNA Kecamatan, kemudian penunjukan sekretaris dan bendahara serta bidang-bidang diserahkan kepada ketua terpilih. 

Jam 11.30 WIB, pengurus terpilih langsung dilantik dihadapan peserta musyawarah. Enjang Sugianto, yang didaulat menjadi Ketua, menunjuk Andi Lala dari Desa Parakan Garokgek sebagai Sekretaris dan Asep Dani dari Desa Gardu sebagai Bendahara.

Seorang staf BPP Kiarpedes yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan, bahwa pemilihan tidak perlu sampai voting. 

Musyawarah saja sudah cukup, Ia dapat menduga siapa yang akan diusulkan oleh para petani dan pasti akan didukung oleh para penyuluh, pengurus KTNA Kabupaten juga Dispangtan.

Roadshow KTNA Kabupaten Purwakarta 2019
Sementara itu, H. Ujang Alim Adisaputra, S.Hut., Ketua KTNA Kabupaten Purwakarta, menyatakan bahwa Petani Kiarapedes harus mempersiapkan diri, karena banyaknya event pertanian yang akan digelar di Purwakarta bagian selatan, yakni Kiarapedes, Wanayasa, Pondoksalam, Bojong dan  Darangdan.


ktna-purwakarta-enjang-sugianto-petani

“Giliran Kiarapedes sekarang yang akan jadi tuan rumah festival manggis, terus nanti Purwakarta jadi tuan rumah HKP se-Jawa Barat, Kiarapedes harus siap, karena di sini daerah pertaniannya Purwakarta. Kita ancang-ancang, pengurus KTNA Kecamatan pertama kita bereskan”, ujar H. Ujang panjang-lebar.

Bertema ‘Temu Tani dan Konsolidasi Kelompok Tani’, Roadshow KTNA Kabupaten dilaksanakan di 17 Kecamatan sepanjang tahun 2019. 

Kemudian Roadshow akan dilanjutkan tahun 2020, dengan menyasar seluruh Desa di Kabupaten Purwakarta.

“Memang baru kali ini KTNA melakukan roadshow di seluruh kecamatan, Pemerintah Kabupaten mendukung petani. Tahun depan (2020), KTNA roadshow ke setiap Desa. Petani harus solid”, H. Ujang menambahkan. (bdr)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Purwakarta Online | All Right Reserved