Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Musyawarah Antar Desa (MAD) Kecamatan Wanayasa, Tahun 2019


Purwakarta Online – Musyawarah Antar Desa Kecamatan Wanayasa Tahun 2019, diselenggarakan di Aula Suriawinata, Kantor Kecamatan Wanayasa pada hari senin (29/7).


“Kita fasilitasi ide-ide inovatif yang ada di desa, untuk di-capture dan diverifikasi kemudian ‘dijual’ ke desa-desa yang membutuhkan”, terang Lukman Hakim, Ketua Tim Pengelola Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Wanayasa kepada Purwakarta Online.

TPID Kecamatan Wanayasa di tahun 2018 lalu, telah meng-capture Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Pemerintah Desa yang telah digunakan di Desa Wanayasa, Kecamatan Wanayasa.

Disisi lain dalam Bursa Inovasi Desa (BID) yang akan datang, Desa tidak hanya menampilkan inovasi yang dimilikinya, tetapi juga bisa mereflikasi inovasi yang ada di desa lain untuk diaplikasikan di desanya. Sebagimana diungkapkan oleh Camat Wanaysa, Jaya Pranolo.

“Ieu ikhtiar urang sadaya, kanggo kamajuan desa-desa di Kecamatan Wanayasa. Di luar Jawa aya aplikasi nu mempermudah pekerjaan administrasi desa, ieu bisa direplikasi ku (desa-desa) urang. Damel komitmen na, kanggo dianggarkeun di tahun 2020”, ujar Camat Wanayasa dalam MAD.

Selanjutnya Camat Wanayasa mengulas tentang besarnya Dana Desa dari APBN yang telah disalurkan ke Desa-desa seluruh Indonesia. Diharapkan adanya TPID bisa lebih mengefektifkan penggunaan Dana Desa.

“Terobosan Pemerintah Pusat untuk menyalurkan Dana Desa sejak (tahun) 2015, hingga saat ini telah mencapai sekitar 257 Triliun. TPID diharapkan bisa membantu desa dalam mengefektifkan penggunaan Dana Desa, agar tidak habis pakai”, Jaya Pranolo menambahkan.

Berlangganan via Email