Purwakarta Online – Bursa Inovasi Desa (BID) zona I Kabupaten  Purwakarta dilaksanakan hari ini di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Sindangkasih, Purwakarta (31/7/2019). Diikuti oleh desa-desa dari 9 Kecamatan, yaitu Bungursari, Cibatu, Campaka, Babakan Cikao, Jatiluhur, Sukasari, Purwakarta, Pasawahan dan Pondoksalam.


Dedih Suhardian, Pendamping Lokal Desa (PLD) di Kecamatan Cibatu menandaskan bahwa pertukaran inovasi adalah ikhtiar untuk membuat terobosan dalam pembangunan desa. Serta tidak perlu khawatir apakah bisa diterapkan atau tidak sebuah inovasi yang direflikasi, karena ada P2KTD.

“Dana Desa akan lebih efektif jika pertukaran inovasi dilakukan, (inovasi) yang telah terbukti berhasil di satu desa akan mudah diterapkan di desa lainnya. Dengan riset dulu tentunya, TPID fasilitasi (replikasi)”, ujar Dedih kepada Purwakarta Online.

Dalam Bursa Inovasi ini, tersedia berbagai macam inovasi dari desa-desa seluruh Indonesia. Semua inovasi tersebut telah lolos verifikasi sebelumnya. Terdapat tiga macam inovasi, yakni; Kewirausahaan, Infrastruktur dan Sumber Daya Manusia.

“Baik itu mengenai Infrastruktur, Kewirausahaan dan Teknologi semua yang kiranya diperlukan bisa direflikasi dan aplikasinya nanti difasilitasi”, Dedih menambahkan. (Meldy)

your advertise here

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post