Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Viral di media nasional, Tajug Gede Cilodong jadi icon baru Purwakarta. Apa sebenarnya Tajug Gede?


PurwakartaOnline.com - Viral di banyak media besar seperti Kompas, Tribun News, Jabar News, Antara, Pikiran Rakyat dan banyak media besar lainnya, Tajug Gede berangsur menjadi icon barunya Kabupaten Purwakarta. Namun begitu tentu masih ada warga Purwakarta yang belum tahu apa itu Tajug Gede yang sebenarnya.

Tim Purwakarta Online mencoba gali informasi tentang Tajug Gede, dengan cara datang langsung ke lokasi. Tim diterima dengan sangat ramah oleh salah satu pengurusnya yang bernama Haji Ujang Alim, yang sore tadi menunggu di lokasi pertanian, sebelah timur Tajug Gede setelah Beliau shalat Ashar.

***

Tajug Gede Cilodong adalah Masjid yang mampu menampung sekitar 5.000 jama'ah, selain sebagai sarana ibadah bagi umat muslim, juga memiliki potensi wisata pertanian.

Halaman masjid yang sangat luas dihiasi dengan berbagai jenis tanaman. Seperti padi huma, tanaman rambat dan aneka jenis bunga. Dengan pengaturan tanaman yang sangat bernilai estetis tinggi, bisa menjadikan pengunjung betah berlama-lama di Masjid Tajug Gede.

Beruntung sore ini (9/4/2019) berkesempatan untuk melakukan wawancara ekslusif dengan H. Ujang Alim Adisaputra, S.Hut., Beliau di Tajug Gede ini menjadi salah satu pengurus yaitu Wakil Sekretaris DKM Masjid Tajug Gede, Cilodong, Purwakarta.

Tajug Gede juga memiliki fasilitas lain, berupa Bale (Aula) yang sangat luas. Meskipun pengembangan terus berjalan, seperti Taman Pertanian tetapi telah banyak event-event besar yang diselenggarakan.

Kegiatan massal seperti Temu Penyuluh dan Petani Andalan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian, beberapa waktu lalu diselenggarakan di Tajug Gede ini. Event tersebut dihadiri ribuan peserta dari Purwakarta, Indramayu, Cianjur, Subang, Karawang dan kabupaten lainnya.

KH. Ahmad Muwafiq, da'i kondang asal Yogyakarta yang saat ini tengah naik daun secara Nasional, tercatat telah dua kali memberikan tausiyah di Tajug Gede dalam dua tahun terakhir.

Tajug Gede adalah Masjid yang sangat unik dan membanggakan. Dengan 9 beduk dan 9 muadzin saat Jum'atan, Masjid ini sangat nyaman digunakan ibadah sekaligus nyaman untuk relaks karena suasana dan lingkungannya yang indah, unik, luas dan nyaman.

Berlangganan via Email