Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Hadi Al-Bulaqi terpilih jadi ketua Kopel

Hadi Kopel

PurwakartaOnline.com - Hadi Al-Bulaqi mengucap Innalillahi Wainnailaihi Roji'uun. Karena malam tadi (27/4/2019), ia tertimpa sebuah amanah besar. Manjadi ketua sebuah komunitas penting di Purwakarta, yaitu Kopel; Komunitas Pena dan Lensa.

Untuk acara pemilihan tersebut, Kopel mengadakan kemah di wanawisata Pasir Langlang Panyawangan (ujung aspal), Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta. Sebuah wisata alam yang dikelola oleh LMDH Giri Pusaka dalam sebuah kerjasama dengan Perum Perhutani KPH Bandung Utara.

Hadi Al-Bulaqi merupakan salah satu kader IPNU Purwakarta, lewat Kopel dan media online DariDesa.com Hadi dan anggota komunitas berikhtiar serius untuk menggali berbagai potensi yang ada di desa-desa.

Tidak main-main, berbekal kemampuan anggotanya dalam sastra, jurnalisme, fotografi, sinematografi, desain grafis hingga media online, telah banyak budaya unik, potensi ekonomi, sejarah yang lama terkubur di desa-desa, berhasil diungkap dan menjadi perhatian berbagai pihak.

Anggota Kopel mayoritas adalah para remaja dan kaum milenial yang tersebar di desa-desa di Purwakarta, bahkan di luar kabupaten dan lintas provinsi. Peran penting Kopel patut diapresiasi dengan dorongan dari semua pihak, baik berupa akses maupun sokongan finansial, walaupun jelas mereka tidak meminta itu.

Jika bukan Kopel, lantas siapa lagi yang memiliki kemampuan, luangnya waktu, konsentrasi dan persistensi dalam penggalian potensi desa ini? Biarkan ekspresi positif mereka terus membara, pemerintah dan pihak lain patut mem-back-up mereka.

Malam 72 Puisi untuk Negeri

Kopel selalu diingat kala mereka menancapkan nama Komunitas Pena dan Lensa (KOPEL) Purwakarta saat menggelar Aksi Literasi dan Malam 72 Puisi Untuk Negeri dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia Ke 72. 
 
Kegiatan tersebut dilaksanakan di kampus STIES Darul Ulum Kabupaten Purwakarta. Tujuan dari kegiatan tersebut sebagai wujud kecintaan anak muda kepada Indonesia dan ajakan kepada masyarakat Purwakarta khususnya para pelajar dan mahasiswa untuk membaca buku setiap harinya. 
 
“Ini merupakan kegiatan perdana. Alhamdulillah mendapatkan respons positif dari berbagai pihak,” kata Koordinator KOPEL Purwakarta Hadi Ibnu Sabilillah, Sabtu malam (19/8/2017). 
 
Dalam memperingati HUT RI ke 72 ini KOPEL juga mengajak masyarakat untuk kembali menggemari dunia membaca dan menulis. Aksi Literasi diawali dengan long march dari kampus STIES Darul Ulum dan dilanjutkan dengan upacara bendera, ziarah dan tabur bunga di makam pahlawan. 
 
Pada malam harinya dilanjutkan dengan kegiatan Malam 72 Puisi Untuk Negeri yang diisi dengan kegiatan membaca puisi, musikalisasi puisi, dan screening film karya Kopel dan komunitas film sinema merah. 
 
“Kami sangat bahagia sekali, karena dihadiri oleh banyak tokoh sastra di Purwakarta dan penonton juga banyak. Bahkan ada yang datang dari komunitas luar kota, seperti dari Bandung, Tanggerang, Karawang dan Bekasi,” jelas Hadi. 
 
"Hadi menambahkan KOPEL Purwakarta kedepan bertekad untuk menjalankan kegiatan diskusi dan sosial sebagai salah satu wujud pengabdian nyata ke masyarakat,” ungkapnya. (sol)
 
Sumber:  Komunita / Ayo Purwakarta

Berlangganan via Email