PurwakartaOnline.com – Purwakarta berasala dari kata ‘purwa’ yang berarti awal atau permulaan dan ‘karta’ yang artinya ramai atau hidup.  Nama Purwakarta mulai digunakan sejak tahun 1834, setelah ibukota Kabupaten Karawang dipindahkan dari Wanayasa ke Sindangkasih pada tahun 1830. Kemudian tanggal 20 Juni tahun 1834, ditetapkan sebagai Hari Jadi Purwakarta. 
Masjid Agung dan Pendopo, berkaitan erat dengan Sejarah Purwakarta.
 Mataram VS Banten.
Kesultanan Mataram bermaksud menundukan Kesultanan Banten pada awal abad 17 Masehi, pasukan Mataram dipimpin oleh Bupati Surabaya. Permusuhan antara Mataram dan Banten ini dimenangkan oleh ‘Kompeni Belanda atau VOC’.

Demi menghambat kekuatan VOC, Sultan Mataram mengutus Panembahan Galuh (Ciamis) yang bernama R.A.A. Wirasuta untuk menguasai Rangkas Sumedang, Wilayah di sebelah timur sungai Citarum. Nama Rangkas Sumedang kemudian berubah nama menjadi Karawang, dikarenakan daerah tersebut banyak sekali rawa, atau Karawaan.

Kabupaten Karawang Awal
Tahun 1656, Sultan Agung Mataram mengangkat putera dari R.A.A. Wirasuta yang bergelar Adipati Kertabumi IV, menjadi Dalem (Bupati) Karawang. Kemudian Adipati Kertabumi IV menempatkan Udug-udug sebagai Ibukota Karawang, dan gelarnya menjadi Raden Adipati Singaperbangsa.

Sekitar tahun 1811-1816, pemerintahan Kabupaten Karawang berakhir. Diakibatkan oleh kalah perangnya Belanda oleh Inggris, yang menjadikan pula wilayah kekuasaan Belanda di Nusantara menjadi jajahan Inggris.

Antara tahun 1819-1826, Belanda berhasil melepaskan diri dari Kerajaan Inggris. Saat itulah, tepatnya di tahun 1820 Kabupeten Karawang kembali dihidupkan. Dengan wilayah yang meliputi antara sebelah timur sungai Citarum dan sebalah barat Sungai Cipunagara, kecuali Onder Distrik Gandasoli (Kecamatan Plered) yang masuk sebagai wilayah Kabupaten Bandung.

Kabupaten Karawang Baru
R.A.A. Suriawinata menjadi Bupati pertama Karawang, menjadikan Wanayasa sebagai ibukota kabupaten. Sebelum kemudian ibukota Kabupaten Karawang dipindahkan ke Sindangkasih, berdasarkan Besluit Pemerintah Kolonial, tanggal 20 Juli tahun 1831.

Kabupaten Purwakarta terbentuk
Tahun 1949, setelah Indonesia merdeka, Kabupaten Karawang dibagi menjadi 2 Kabupaten terpisah. Kabupaten Karawang sebelah barat, menjadi Kabupaten Purwakarta dengan ibukota kabupaten berada di Subang.

Wilayah Kabupaten Purwakarta ini meliputi Kawedanaan Subang, Sagalaherang, Pamanukan, Ciasem dan Purwakarta. Berdasarkan Undang-undang Pembentukan daerah Kabupaten dalam lingkungan Provinsi Jawa Barat, nomor 14 tahun 1950.

Kabupaten Karawang yang berada di bagian barat tetap dengan nama Kabupaten Karawang. Pemisahan menjadi 2 Kabupaten ini berdasarkan pada Surat Keputusan Wali Negeri Pasundan nomor 12, tanggal 29 Januari tahun 1949.

Sumber:
etnikom[dot]com
id.wikipedia
your advertise here

This post have 0 comments

Next article Next Post
Previous article Previous Post