Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Suksesnya Festival Manggis Purwakarta dimata petani

PurwakartaOnline.com - Festival Manggis Purwakarta 2019, berlangsung meriah. Kesuksesan acara ini mengukuhkan bahwa manggis asli Purwakarta memang komoditas penting yang patut mendapat perhatian lebih.

Jangan sampai tingginya kualitas manggis asli purwakarta hanya menjadi keuntungan segelintir pelaku usaha saja.

manggis-purwakarta
Festival Manggis Purwakarta, di Wanayasa berlangsung meriah. Pengunjung memadati sepanjang jalan 'galian' Desa Ganasoli, Wanayasa. (23/3/2019)

Secara tidak langsung festival ini menjadi pengakuan pada petani, yang mana merekalah yang berjibaku di kebun dan berharap tanaman yang dipanen setahun sekali ini bisa memberikan hasil yang memuaskan.

"Nembean abdi ka pestipal manggis, meni rame. Taun-taun kapengker duka, abdi tara lalajo", ujar Asep, Petani manggis dari Wanayasa.

Festival Manggis Purwakarta siang tadi (23/3/2019), dimeriahkan dengan berbagai hiburan rakyat, sisingaan, musik tradisional, stan-stan olahan hasil pertanian dan lomba-lomba yang berkaitan dengan tanaman manggis.

Diharapkan di tahun-tahun mendatang Purwakarta terus menggelar Festival Manggis, diiringi dengan dikeluarkannya kebijakan yang memajukan usaha petani.

"Nya kedah atuh, da di urang (Purwakarta) wungkul anu manggu na sae teh cenah. Kanggo ekspor, tapi asli (manggis) nu di urang", ujar Asep, ketika ditanya apakah Festival Manggis Purwakarta perlu dilaksanakan kembali.

Pentas seni Wayang Golek rencananya akan digelar pada hari Minggu, 24 Maret 2019. Masih di lokasi yang sama, tepatnya di pertigaan antara jalan 'galian', jalan pangkalan dan ciseke. (bdr)

Post a Comment for "Suksesnya Festival Manggis Purwakarta dimata petani"

Berlangganan via Email