PurwakartaOnline.com - Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat memberikan pelatihan dinamika kelompok tani perkebunan. Pelatihan yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan dasar petani dalam berorganisasi.

Dua kelompok tani, Mulya Tani dari Desa Parakan Garokgek dan Barong Mulya dari Pusakamulya menjadi dua kelompok peserta pelatihan ini. Setiap kelompok tani mengirimkan 20 anggotanya.

"Kami beruntung, petani di sini yang mendapat pelatihan. (Pelatihan) yang seperti ini yang sebenarnya kami butuhkan", tutur Abdul Rohman, petani peserta usai pembukaan Pelatihan.

Pelatihan teknis budidaya sudah biasa dilakasanakan oleh petani, pelatihan ini menjadi dobrakan. Dinamika kelompok merupakan pelatihan yang menyasar pada meningkatkan soft skill, terutama skill berorganisasi dan berkelompok.

"Dalam bertani (budidaya), petani mungkin sudah punya kemampuan. Hanya memang selaku 'anggota kelompok', sebagai bagian dari sebuah organisasi yang perlu diasah lagi", Ai Sukaesih, Penyuluh Pertanian menanggapi kegiatan Dinamika Kelompok Tani.
your advertise here

This post have 0 comments

Next article Next Post
Previous article Previous Post