Asep Bagja, Instruktur Andalan bidang Perkebunan Jawa Barat

* Laporan dari Yayat Hidayat, peserta Magang Perkebunan dari Barmoel, Purwakarta.

Beruntung Barmoel mendapat kesematan untuk mengikuti magang perkebunan yang diselenggarakan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat. Saya satu-satunya peserta magang kali ini dari Purwakarta, khusus untuk usaha teh. Dengan mengusung tema 'Peningkatan Kompetensi Pelaku Usaha Tani Perkebunan, Tahun 2019'.

Kegiatan hari pertama membahas dasar-dasar usaha perkebunan dan persiapan untuk besok praktek pemangkasan tanaman teh. Lokasi praktek menggunakan kebun teh rakyat yang ada di Desa Marga Mulya.

Lokasi kegiatan berada di Desa Marga Mulya, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung. Peserta dari luar daerah sedikit mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan cuaca Bandung Selatan yang memang sangat dingin.

Bapak Asep Bagja, instruktur perkebunan yang sangat berpengalaman. Kami sangat bangga bisa bertemu dan menimba ilmu langsung dari Beliau. Untuk bertemu dengannya sangat sulit, Bapak Asep Bagja sering kali menjadi instruktur di berbagai Kabupaten yang ada di Jawa Barat ini.
Yayat Hidayat adalah aktivis muda di bidang pertanian, khususnya perkebunan. Tergabung dalam Komunitas Petani Barmoel, Purwakarta. Tahun 2019 ini, bersama Petani Muda lain, membentuk Kelompok Petani Milenial di Kecamatan Kiarapedes, kumpulan dari para petani yang lahir antara tahun 1980 hingga tahun 2000.
your advertise here

This post have 0 comments

Next article Next Post
Previous article Previous Post