Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Asupan Makanan bagi Manula

Asupan gizi

PurwakartaOnline.com - Amalia Khaerani, AMd.Gz., seorang praktisi gizi yang berdomisili di Wanayasa, memberikan tips tentang asupan makanan bagi manula. Ia menyarankan manula menghindari makanan yang merangsang, seperti makanan atau minuman asam dan makanan pedas.

Bukan hanya itu, manula sebaiknya menghindari konsumsi makanan olahan terutama yang menggunakan bahan pengawet makanan. Makanan segar harus lebih diutamakan. Tetapi jika makanan segar tersebut kandungan gasnya tinggi, sebaiknya dikurangi juga.

"Beberapa makanan yang mengandung gas tinggi itu seperti buah durian, tape dan kol, sebisa mungkin dihindari atau dikurangi", imbuh lulusan Universitas MH. Thamrin tahun 2000 ini.

Baik pula tekstur makanan yang lembut bagi manula, untuk memudahkan proses pencernaan dalam lambung. Apalagi jika Manula tersebut sudah tidak memiliki gigi untuk mengunyah dengan sempurna.

Gizi Seimbang

Sebaiknya dijaga asupan gizi seimbang, dengan kandungan karbohidrat, protein dan kalsium. Contoh makanannya adalah sebagai berikut:
  • Karbohidrat, bisa didapat dari oatmeal dan gandum
  • Protein, terkandung dalam daging rendah lemak dan kacang-kacangan
  • Kalsium, bisa dengan mengkonsumsi susu rendah lemak, sayur dan buah-buahan.

Porsi kecil tapi sering

Seperti halnya saat diet, manula pun sebaiknya menggunakan pola makan dengan porsi kecil. Tentu saja frekuensinya ditambah, bisa menjadi 5 kali makan dalam sehari.

Porsi makan diperkecil dan dipersering, agar kerja alat pencernaan ringan dan hasilnya optimal. Selain itu juga, kemampuan tubuh dalam membakar kalori juga terbatas, makanan yang tidak terbakar akan tersimpan sebagai lemak dalam tubuh. (*)

Amalia Khaerani, Amd.Gz., praktisi gizi di Purwakarta. Lulusan Universitas MH. Thamrin - Jakarta, tahun 2000. Bisa dihubungi di e-mail: amaliabudi168@gmail.com

Berlangganan via Email