-->

Saturday, December 23

Resmikan 3 varietas baru Preanger Coffee, Jabar bagikan 5 jt pohon kopi

Resmikan 3 varietas baru Preanger Coffee, Jabar bagikan 5 jt pohon kopi

kopi-java-preanger-jabar-arabika




PurwakartaOnline.com - Untuk urusan kopi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak pernah tanggung-tanggung dalam melaksanakan program. 


Tercatat dalam periode tahun 2017, provinsi Jawa Barat telah membuat 6  acara kopi, semacam festival di berbagai tempat.

Pada kesempatan ini Bapak Ahmad Heryawan (Aher), Gubernur Jawa Barat mengajak warga Jawa Barat untuk melestarikan tanaman kopi, dengan dua cara.

Pertama, membudidayakan tanaman kopi sebagai tanaman konservasi yang bermanfaat bagi lingkungan, dalam penyerapan dan mengikat air serta "mencuci udara". 

Kedua; membudayakan minum kopi asli dan tanpa gula, agar tubuh sehat dan menangkal berbagai macam penyakit seperti kanker, alzheimer, pikun dan lain sebagainya.

kopi-java-preanger-jabar-arabika
Arief Santosa, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, menyalami Adi Paryono dalam prosesi penyerahan 5 juta pohon kopi untuk petani Jawa Barat.

Tahun lalu (2016), pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong petani untuk membudidayakan tanaman kopi, dengan jalan memberikan bantuan benih kopi berkualitas sebanyak 2.000.000 pohon. 

Masih dirasa kurang, maka untuk tahun sekarang (2017), provinsi Jawa Barat meningkatkan jumlah bantuan benih tanaman kopi menjadi 5.000.000 pohon.

kopi-java-preanger-jabar-arabika
Gubernur Ahmad Heryawan bersama Bapak Arief Santosa (Kepala Dinas Perkebunan Jabar), sedang diwawancarai wartawan terkait acara Bandung Lautan Kopi 2017 di Gedung Sate.

Secara seremonial dalam acara ini juga, Aher meresmikan 3 jenis baru kopi Jawa Barat (Preanger Coffee), yaitu:
- Kopi koneng garut
- Kopi pucuk hejo 
- Kopi pucuk coklat

kopi-java-preanger-jabar-arabika
Kepala Dinas Perkebunan Jawa Barat (Arief Santosa), memberikan sambutan/laporan acara Bandung Lautan Kopi 2017

Penyerahan simbolis pembagian 5.000.000 benih kopi dan rumput indigo vera dilakukan bersama para petani kopi dan petani rumput (tarum/indigovera/peternak sapi). 

Penyerahan dilakukan oleh Gubernur, Wakil Gubernur, Kapolda, Pangdam, Pejabat Kementerian Pertanian dan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat. (enjs)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2020 Purwakarta Online | All Right Reserved